Soal Harga Minyak Goreng Tak Wajar di E-commerce, Ini Kata Disdagin Bandung

Rabu, 23 Februari 2022 – 14:50 WIB
Soal Harga Minyak Goreng Tak Wajar di E-commerce, Ini Kata Disdagin Bandung - JPNN.com Jabar
Minyak goreng di pasar. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Kelangkaan minyak goreng di Kota Bandung, dimanfaatkan orang tak bertanggungjawab untuk menaikan harga tidak sesuai yang ditentukan.

Salah satunya, banyak ditemukan minyak goreng kemasan premium yang dijual di e-commerce dengan harga melambung tinggi. Harga satu liter minyak goreng premium dijual hingga Rp 40.000 di e-commerce.

Menanggapi kejadian tersebut, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung Elly Wasliah mengaku, hanya memantau ketersediaan minyak goreng di distributor dan retail offline. Sehingga, penjualan minyak goreng di e-commerce atau secara online luput dari perhatiannya

"Kalau e-commerce ini kan Nasional bukan hanya di Bandung saja, jadi agak susah (untuk dipantau), e-commerce bisa menyebar ke mana saja. Tetapi kalau memang ada begitu, ini akan dilaporkan ke Kemendagri supaya diawasi ke pemerintah pusat karena distribusinya se-Indonesia," kata Elly di Balaikota Bandung, Jalan Wastukencana, Rabu (23/2).

Lebih lanjut, Elly menuturkan, pihaknya juga mendapatkan laporan mengenai adanya penjualan minyak goreng kemasan premium dengan kendaraan bak terbuka.

Parahnya, minyak goreng dijual Rp 32.000 per kemasan, jauh dari harga yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Ada yang menjajakan minyak goreng ini harganya Rp 32.000 dan ini kami akan menelusuri dari mana minyaknya," ujar Elly.

Selanjutnya, Elly menduga ada oknum yang menjual minyak goreng dengan harga tak wajar. Oknum tersebut membeli minyak goreng di ritel dengan harga murah untuk dijual kembali dengan harga yang tinggi.

Adanya temuan minyak goreng yang dijual dengan harga tak wajar, Kadisdagin Bandung bereasksi begini. Simak
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News