DLH Garut Fokus Atasi Kebakaran di TPA Pasir Bajing

Minggu, 23 Juli 2023 – 21:00 WIB
DLH Garut Fokus Atasi Kebakaran di TPA Pasir Bajing - JPNN.com Jabar
Petugas menyemprotkan air untuk memadamkan kebakaran sampah di TPA Pasir Bajing, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. (ANTARA/HO DLH Garut)

jabar.jpnn.com, GARUT - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat masih berupaya mengatasi kebakaran yang terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Pasir Bajing, Kecamatan Banyuresmi.

??????"Selain dengan penyiraman air, juga dilakukan pengurukan dengan tanah," kata Kepala DLH Kabupaten Garut Jujun Juansyah, Minggu (23/7).

Ia menyampaikan bahwa DLH menerima informasi mengenai kebakaran di TPA Pasir Bajing sekitar dua pekan lalu dan menindaklanjuti laporan tersebut dengan menurunkan petugas untuk menanganinya.

Menurut dia, dalam tiga hari terakhir kebakaran membesar, menimbulkan kepulan asap tebal yang berdampak ke permukiman warga di Kampung Babakan Aun dan Malingcing.

"Tiga hari terakhir memang kebakaran ini cukup besar, sehingga menimbulkan dampak (berupa) kepulan asap yang cukup tebal," katanya.

Guna mengatasi dampak kebakaran yang terjadi di TPA Pasir Bajing, mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menyiramkan air ke area-area yang berasap di TPA Pasir Bajing.

Mengenai penyebab kebakaran, Jujun mengemukakan kemungkinan ada yang membakar sampah di TPA Pasir Bajing dan apinya kemudian menjalar sehingga menimbulkan kebakaran besar.

Ia berharap kejadian kebakaran di TPA Pasir Bajing menjadi pembelajaran bagi masyarakat Garut, mendorong masyarakat untuk mengelola sampah rumah tangga guna mengurangi beban tempat pembuangan akhir sampah. (antara/jpnn)

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Garut masih berupaya mengatasi kebakaran yang terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Pasir Bajing.

Redaktur & Reporter : Yogi Faisal

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News