Kabupaten Bandung Diguncang Gempa Berkekutan 4,0 SR, Getarannya Terasa Hingga ke Garut

Senin, 10 Juli 2023 – 11:30 WIB
Kabupaten Bandung Diguncang Gempa Berkekutan 4,0 SR, Getarannya Terasa Hingga ke Garut - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gempa. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BANDUNG - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan 4,0 SR mengguncang daerah Kabupaten Bandung dan sekitarnya pada Senin (10/7) pukul 09.18 WIB.

Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa ini terletak pada titik koordinat 7.77 LS dan 107.26 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km Barat Daya Kabupaten Bandung pada kedalaman 26 km.

Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Hartanto mengatakan, dengan memperhatikan episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal.

Gempa diakibatkan sesar dasar laut Lempeng Eurasia (Intraplate Earthquake.

“Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di wilayah Rancabuaya, Pamengpeuk, Cisompet, dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah),” katanya dikutip dalam keterangannya.

Getaran gempa ini pun terasa hingga di wilayah Cikajang, Kabupaten Garut dengan kekuatan kecil.

“Di Cikajang, Singajaya dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang),” ujarnya.

BMKG sampai saat ini masih mendata dan belum menerima laporan soal adanya kerusakan bangunan.

BMKG mencatat gempa berskala 4,0 SR mengguncang wilayah Kabupaten Bandung dan sekitarnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News