Sejumlah Seniman dan Budayawan Sunda Meriahkan Kegiatan Ruwatan Jagat Ngajaga Lembur

Minggu, 16 Juli 2023 – 12:45 WIB
Sejumlah Seniman dan Budayawan Sunda Meriahkan Kegiatan Ruwatan Jagat Ngajaga Lembur - JPNN.com Jabar
Potret pelaksanaan kegiatan Ruwatan Jagat Ngajaga Lembur yang diadakan, Yayasan Margasatwa Tamansari Kota Bandung. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Sejumlah seniman dan budayawan Sunda hadiri kegiatan Ruwatan Jagat Ngajaga Lembur yang diadakan, Yayasan Margasatwa Tamansari Kota Bandung.

Ketua Yayasan Margasatwa Tamansari Kota Bandung, Bisma Bratakusuma mengatakan kegiatan ruwatan ini rutin setiap tahunnya dalam memperingati haul pendiri yayasan margasatwa Tamansari, Ema Bratakusuma.

"Setiap tahunnya mungkin akan kami adakan acara peringatan ini. Rangkaiannya sebenarnya lebih kepada mengenalkan atau mengedukasi masyarakat terhadap kebudayaan Sunda,” ucapnya.

Dia menerangkan Yayasan Mqargasatwa Tamansari Kota Bandung ini merupakan wadah untuk melestarikan kesenian tradisional Sunda, lantaran kesenian tradisional ini perlu diperkenalkan kepada generasi muda.

Terkai masalah endemik, dia menerangkan bahwa pada Kebun Binatang Bandung ini berhasil mengembangbiakan tapir.

"Ini merupakan kelebihan kami yang belum tentu semua kebun binatang bisa mengembangbiakannya, kami sudah berhasil lebih dari 10 tahun,” tuturnya.

Sedangkan untuk floranya, pihaknya melakukan penanaman sejumlah tanaman. Dia menerangkan kelebihan dari kebun binatang Bandung yakni banyak pohon yang berusia 100 tahun lebih.

“Ini suatu kelebihan, di mana lingkungan berada di tengah kota banyak pohon tinggi yang terasa di tengah hutan," tuturnya.

Seniman dan budayawan Sunda hadiri kegiatan Ruwatan Jagat Ngajaga Lembur, di kebun binatang Kota Bandung, ini dilakukan sebagai upaya mengenalan budaya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News