12 Tahun Dibangun, Tol Cisumdawu Diresmikan Presiden Jokowi

Selasa, 11 Juli 2023 – 14:31 WIB
12 Tahun Dibangun, Tol Cisumdawu Diresmikan Presiden Jokowi - JPNN.com Jabar
Presiden Jokowi saat meresmikan Tol Cisumdawu di Twin Tunnel, Kabupaten Sumedang, Selasa (11/7). Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, SUMEDANG - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Tol Cisumdawu yang menghubungkan daerah Bandung, Sumedang, dan Majalengka pada Selasa (11/7).

Pembangunan Tol Cisumdawu pertama kali dilakukan pada tahun 2011. Saat itu, tol ini direncanakan untuk menghubungkan Kota Bandung melalui Tol Cipularang dan Cipali.

"Dengan mengucap bismillah, pada pagi hari ini saya resmikan jalan Tol Cileunyi, Sumedang, dan Dawuan. Jalan Tol Cisumdawu di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat," kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi menuturkan, Tol Cisumdawu menghabiskan anggaran hingga Rp 18,3 triliun dengan bantuan pihak swasta.

Diharapkan, kehadiran jalan tol sepanjang 61,6 km ini bisa mempemudah konektivitas menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

"Pembangunan jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 km ini menghabiskan anggaran Rp 18,3 triliun, yang dari pemerintah Rp 9,07 triliun, sisanya dari KPBU swasta," ujarnya.

Adapun peresmian Tol Cisumdawu semula ditempatkan di Gerbang Tol (GT) Ujung Jaya Utama, namun berubah tempat ke Terowongan Kembar atau Twin Tunnel dengan panjang 472 meter.

Orang nomor satu di Indonesia itu mengatakan, semula pembangunan Tol Cisumdawu guna mendukung aktivitas di BIJB Kertajati.

Presiden Jokowi meresmikan Tol Cisumdawu yang membentang sepanjang 61,6 km di Kabupaten Sumedang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News