DBMPR: Kondisi Jalan Rusak Parah di Jabar Tersisa 80 Km

Selasa, 04 Juli 2023 – 15:15 WIB
DBMPR: Kondisi Jalan Rusak Parah di Jabar Tersisa 80 Km - JPNN.com Jabar
Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar Bambang Tirtoyuliono. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jawa Barat terus melakukan perbaikan jalan rusak yang tersebar di beberapa wilayah kota dan kabupaten.

Kepala DBMPR Jabar Bambang Tirtoyuliono mengatakan, jumlah jalan kewenangan provinsi yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) tahun 2022 adalah sepanjang 2.362,13 km.

Dari ribuan kilometer itu, kondisi jalan yang masuk kategori parah ada 80 km. Sedangkan sisanya, sudah mulus dan ada yang masih dalam tahap perbaikan.

“Datanya, kondisi jalan di tahun 2022 itu sangat baik lebih kurang 393,66 km, kategori baik 1.062 km, sedang  498 km, jelek 325 km, parah/sangat parah itu ada 80 km,” kata Bambang di Kantor Dinas BMPR Jabar Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa (4/7).

Bambang menjelaskan, di tahun ini upaya perbaikan jalan yang kondisinya masih belumm ulus terus dikebut. Ditargetkan pada akhir 2023 nanti, tingkat kemantapan jalan provinsi di Jabar naik di angka 83,84 persen.

“Sehingga di (tahun) 2023kami ingin memperbaiki. Tahun lalu, 354 km jalan provinsi ditangani melalui program jalan mulus secara maksimal di seluruh kabupaten kota. Di tahun ini, proyeksi kami kemantapan jalan jadi 83,84%,” ujarnya.

Untuk mengejar tingkat kemantapan jalan itu, Ia menerangkan ada 69 paket pengerjaan jalan sepanjang 354,5 km yang dilakukan DBMPR.

Menurutnya, paket pengerjaan itu ditargetkan selesai pada akhir Agustus nanti.

DBMPR mengungkap jalan rusak parah yang tersisa di Jabar ada 80 km. Ini tiga titik lokasinya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News