Tingkat Pengangguran Terbuka Kota Bogor Tertinggi di Jawa Barat, BPS Beberkan Sejumlah Dampak Buruknya

Rabu, 28 Juni 2023 – 01:45 WIB
Tingkat Pengangguran Terbuka Kota Bogor Tertinggi di Jawa Barat, BPS Beberkan Sejumlah Dampak Buruknya - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Balai Kota Bogor. Foto: Dok Pemkot Bogor.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bogor, Daryanto angkat suara soal tingginya angka tingkat pengangguran terbuka di Kota Bogor pada 2022.

Pasalnya, angka tingkat pengangguran terbuka Kota Bogor menduduki peringkat pertama tertinggi di Jawa Barat, dengan persentase mencapai 10,78 persen.

Menurut Daryanto, tingginya angka tingkat pengangguran terbuka berpotensi menaikan angka kemiskinan.

"Ini pemahaman saya saja yah, bahwa semakin tinggi angka tingkat pengangguran terbuka tentunya akan membuat potensi angka kemiskinan akan semakin tinggi," kata Dayanto, saat ditemui seusai rapat kerja dengan Komisi IV DPRD Kota Bogor, Rabu (28/6) sore.

Selain itu, angka kemiskinan juga akan sangat berpotensi menimbulkan multiplier effect.

"Karena setiap orang itu akan survive untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kalau dia menganggur pasti dia akan melakukan apa saja, mau kerja jadi pembantu, bahkan kalau negatif bisa jadi merampok untuk memenuhi kebutuhan hidup. Artinya dengan semakin tinggi pengangguran problem sosial juga akan semakin tinggi," ujarnya.

Sekadar diketahui, BPS Jawa Barat merilis angka tingkat pengangguran terbuka sejumlah kota dan kabupaten yang ada di Jawa Barat.

Dalam data tersebut, tingkat pengangguran terbuka Kota Bogor pada 2022 mencapai 10,78 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bogor, Daryanto angkat suara soal tingginya angka tingkat pengangguran terbuka di Kota Bogor. Begini penjelasannya!
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News