Ramah Disabilitas, Bapenda Jabar Luncurkan Format Braille dan Video Sosialisasi Berbahasa Isyarat

Minggu, 25 Juni 2023 – 10:00 WIB
Ramah Disabilitas, Bapenda Jabar Luncurkan Format Braille dan Video Sosialisasi Berbahasa Isyarat - JPNN.com Jabar
Permohonan informasi dengan format braile untuk para disabilitas yang diluncurkan Bapenda Jabar. Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat meluncurkan format layanan braille bagi para disabilitas.

Layanan braille ini berupa permohonan informasi dan video sosialisasi bahasa isyarat. 

Kepala Bapenda Jabar, Dedi Taufik mengatakan tugas yang berjalan tidak hanya berkutat soal pendapatan saja. Orientasi pelayanan yang inklusif pun menjadi salah satu elemen penting yang perlu terus dikuatkan.

Hal inilah yang melatarbelakangi Bapenda untuk berinovasi melahirkan layanan braille bagi para disabilitas.

“Semua masyarakat harus terlayani, saudara kita yang disabailitas juga memiliki hak yang sama. Makanya layanan ramah disabilitas ini yang menjadi concern kami, sehingga ada layanan dengan format braille dan video sosialisasi dengan bahasa isyarat,” kata Dedi, Minggu (25/6).

Ia menerangkan permohonan informasi dengan format braille ini merupakan formulir permohonan yang harus diisi oleh Pemohon Informasi Penyandang Tunanetra, termasuk di dalamnya Forumulir Pernyataan Keberatan Atas Permohonan Informasi Publik.

Masyarakat penyandang disabitlitas bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan informasi mengenai Bapenda Jabar dan sudah tersedia di 34 Samsat di Jawa Barat serta di Kantor Pusat Bapenda Jabar.

Sedangkan, video dengan bahasa isyarat berisi tentang informasi mengenai Pajak Kendaraan Bermotor maupun Layanan Samsat Bapenda Jabar, melalui WA Chatbot Samsat Information Center Bapenda Jabar.

Bapenda Jabar meluncurkan format layanan Braille dan video sosialisasi berbahasa isyarat untuk para disabilitas.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News