Pemkab Bekasi Uji Sampel Air Sungai Cilemahabang

Selasa, 20 Juni 2023 – 01:00 WIB
Pemkab Bekasi Uji Sampel Air Sungai Cilemahabang - JPNN.com Jabar
Aliran Sungai Cilemahabang di area Bendung Lemahabang di Desa Waluya, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.(ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menerjunkan tim khusus untuk mengambil sampel air di Sungai Cilemahabang menindaklanjuti informasi terkait dugaan pencemaran lingkungan pada aliran sungai tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Syafri Doni Sirait mengatakan tim ini diterjunkan untuk menyelidiki dugaan adanya tindak pencemaran yang berdampak pada aliran air berubah warna menjadi hitam serta menimbulkan bau.

"Kami sudah turunkan Tim Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) untuk mencari tahu penyebab dan sumber pencemaran. Kami juga sudah melakukan pengambilan sampel air di lokasi tersebut," katanya.

Ia menjelaskan, berdasarkan hasil penelusuran sementara terdapat sejumlah indikasi yang menjadi biang pencemaran, salah satunya aktivitas perusahaan pengumpul oli bekas.

Namun demikian, dirinya tidak ingin tergesa-gesa untuk menyimpulkan hasil penelusuran karena masih harus menunggu uji laboratorium dari sampel air yang telah diambil.

"Kalau dilihat air memang hitam dan berbau, tetapi kami harus cek terlebih dahulu zat yang terkandung di dalam air itu," katanya.

Setelah mengetahui hasil uji laboratorium, pihaknya segera menindaklanjuti dengan mencari sumber pencemaran hingga langkah berikutnya yang akan diambil pemerintah daerah.

Pihaknya memastikan penanganan terhadap kasus dugaan pencemaran sungai dilakukan pemerintah daerah secara tegas dan terukur guna mencegah kejadian serupa terulang kembali.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menerjunkan tim khusus untuk mengambil dan menguji sampel air di Sungai Cilemahabang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News