Menjelang Iduladha, Pemprov Jabar Siapkan 90 ribu Vaksin Cacar Sapi

Sabtu, 17 Juni 2023 – 17:00 WIB
Menjelang Iduladha, Pemprov Jabar Siapkan 90 ribu Vaksin Cacar Sapi - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Sapi. Foto: ANTARA/Destyan Sujarwoko

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menyebar 90 ribu vaksin anti cacar sapi atau Lumpy Skin Disease (LSD) ke 27 kabupaten dan kota.

Hal ini dilakukan guna menekan angka kenaikan kasus cacar sapi menjelang Iduladha 2023.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat DKPP Jabar Supriyanto mengatakan, pemberian vaksin dilakukan agar kesehatan hewan dalam hal ini sapi kurban tetap aman untuk masyarakat.

“Vaksin untuk LSD sudah kami sebar, ada sekitar 90.000 dosis ke seluruh Jawa Barat. Jadi tidak perlu khawatir karena ini tidak akan menular ke manusia,” kata Supriyanto, Sabtu (17/6).

Ia menjelaskan, penyakit cacar sapi tidak separah kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang pernah merebak tahun lalu,

Cacar sapi tidak menular dan menimbulkan kematian. Adapun penyakit ini juga bisa ditangani dengan pemberian vaksin.

“Dan itu juga tidak menimbulkan kematian pada hewan ternak, kemudian bisa disembuhkan. Teman-teman petugas sudah paham apa yang harus dilakukan jika timbul gejala-gejala LSD,” jelasnya.

Sebelumnya, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat menemukan kasus penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) atau cacar sapi di beberapa kabupaten dan kota.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menyebar 90 ribu vaksin anti cacar sapi atau Lumpy Skin Disease (LSD) ke 27 kabupaten dan kota.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News