Cegah Abrasi, Abang dan Mpok Bekasi Tanam Pohon Bakau di Muaragembong

Kamis, 08 Juni 2023 – 10:30 WIB
Cegah Abrasi, Abang dan Mpok Bekasi Tanam Pohon Bakau di Muaragembong - JPNN.com Jabar
Area konservasi hutan bakau pesisir Laut Jawa di garis pantai Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

jabar.jpnn.com, BEKASI - Duta generasi muda Abang dan Mpok Kabupaten Bekasi Angkatan 2022 menanaman bibit bakau sebagai upaya mencegah abrasi sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di wilayah pesisir Kampung Beting, Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong.

Perwakilan Abang Kabupaten Bekasi, Dandi mengatakan penanaman bibit pohon bakau ini sebagai upaya melestarikan lingkungan serta mencegah terjadi abrasi khususnya di wilayah pesisir pantai utara Kabupaten Bekasi.

"Melestarikan lingkungan menjadi tugas bersama, bukan hanya pemerintah daerah saja. Banyak manfaat dari kegiatan kita hari ini," katanya di Kabupaten Bekasi.

Dia mengatakan pohon bakau memiliki banyak manfaat. Selain memperlambat laju abrasi, bakau memiliki manfaat ekologis dengan menghasilkan banyak oksigen serta manfaat ekonomis karena bisa diolah menjadi beragam produk makanan dan minuman.

"Mangrove ini sangat banyak manfaatnya, salah satunya bisa memperlambat laju abrasi, menghasilkan oksigen, serta mengurangi terik cuaca panas. Hutan bakau di sini juga menjadi habitat asli hewan dilindungi," katanya.

Sebagai duta daerah, Dandi mengajak warga Kabupaten Bekasi khususnya warga setempat untuk selalu melestarikan lingkungan demi menjaga keseimbangan ekosistem wilayah pesisir.

Sementara itu, Sekretaris Desa Pantai Bahagia Ahmad Qurtubi mengapresiasi dan mendukung penuh aksi penanaman bibit pohon bakau yang dilakukan Abang serta Mpok Kabupaten Bekasi.

Menurut dia, kegiatan positif ini juga bisa memberikan pemahaman bagi masyarakat terkait pentingnya menanam pohon bakau di wilayah pesisir. Selain menjadi sarana edukasi, penanaman ini dalam jangka panjang juga dapat menjadi perisai hijau yang dapat melindungi daratan pesisir.

Duta generasi muda Abang dan Mpok Kabupaten Bekasi Angkatan 2022 menanaman bibit bakau sebagai upaya mencegah abrasi, di pesisir Kampung Beting, Muaragembong.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News