Diimingi Haji, Umrah dan Dolar, 2 Lansia di Depok Jadi Korban Penipuan

Kamis, 08 Juni 2023 – 00:10 WIB
Diimingi Haji, Umrah dan Dolar, 2 Lansia di Depok Jadi Korban Penipuan - JPNN.com Jabar
Wakapolsek Cimanggis AKP Simare Mare (kiri), bersama Kanit Reskrim Polsek Cimanggis Iptu David Aulia. Foto : Lutviatul Fauziah/JPNN.

jabar.jpnn.com, DEPOK - Dua warga lansia di RT 4, RW 11, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, menjadi korban penipuan pada Rabu (7/6).

Wakapolsek Cimanggis, AKP Simare Mare mengatakan dalam melancarkan aksinya, ketiga pelaku mengiming-imingi kedua korban agar mau menyerahkan uangnya.

"Korban diiming-imingi umrah dan naik haji, kemudian juga korban akan diberikan uang Rp 100 juta, dengan modus memperlihatkan uang dolar agar korban tertarik," ucapnya.

Dia menyebut bahwa uang milik korban nantinya akan ditukarkan dengan uang dolar yang dibawa pelaku.

"Uang yang ada di tangan korban akan ditukarkan dengan uang dolar tersebut," terangnya.

Namun, setelah diselidiki oleh pihak kepolisian ternyata uang dolar tersebut sudah kedaluwarsa, dan ada pula uang mainan.

"Dari dalam mobil ditemukan barang bukti beberapa lembar mata uang Peru dan Korea Utara yang kedaluwarsa, dan uang mainan pecahan Rp 100 ribu di dalam tas," jelasnya.

Namun, satu pelaku melarikan diri dari massa dan dua pelaku berhasil diamankan berinisial SC (57) dan D (57), dan langsung diserahkan ke Polsek Cimanggis.

Dua lansia yang menjadi korban penipuan ternyata diiming-imingi umrah dan haji, serta dijanjikan diberikan uang dolar yang ternyata dolar itu sudah kedaluwarsa.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News