Jurnalis Sadar Risiko Bencana 2023 Jadi Ajang Pembekalan Wartawan Saat Peliputan di Lokasi Rawan

Selasa, 06 Juni 2023 – 13:30 WIB
Jurnalis Sadar Risiko Bencana 2023 Jadi Ajang Pembekalan Wartawan Saat Peliputan di Lokasi Rawan - JPNN.com Jabar
Potret kegiatan Jurnalis Sadar Risiko Bencana 2023. Foto : Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Jabar Quick Response kembali menggelar kegiatan Jurnalis Sadar Risiko Bencana 2023, yang diikuti oleh berbagai wartawan baik individu maupun dari organisasi.

Organisasi yang mengikuti kegiatan ini, yakni Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Wartawan Foto Bandung (WFB), Pewarta Foto Indonesia(PFI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Ketua Pelaksana Jurnalis Sadar Risiko Bencana, Hari Brahma menjelaskan dengan terbentuknya kesadaran akan risiko bencana, maka dapat membentuk budaya tanggap bencana, sehingga diharapkan terbentuk karakter siap siaga dengan melakukan langkah tepat dan cepat ketika terjadi bencana.

"Ketepatan dan kecepatan mencari informasi dapat tersampaikan kepada masyarakat dengan baik, tanpa mengesampingkan keselamatan jurnalis di lapangan," ucap Hari, dikutip Selasa (6/6).

Dia menyebut menjadi jurnalis yang memiliki pemahaman mumpuni terhadap risiko dari sebuah kejadian bencana, tentu tidak cukup hanya dengan mengikuti satu seminar saja.

Lebih jauh, kegiatan ini dapat memicu kegiatan pelatihan kebencanaan lainnya khususnya bagi para jurnalis.

"Semoga dengan adanya Jurnalis Sadar Risiko Bencana ini, wacana terkait pentingnya keahlian self rescue pada situasi bencana dapat lebih populer di kalangan masyarakat terutama rekan-rekan jurnalis," tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut, narasumber yang disajikan berasal dari praktisi-praktisi yang berkompeten. Selain praktisi terdapat juga narasumber dari BNPB Pusat dan BMKG.

Jabar Quick Reponse kembali menggelar Jurnalis Sadar Risiko Bencan 2023, yang diikuti oleh para wartawan baik secara individu ataupun organisasi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News