Persiapkan Digital Province, Para Sekda Kab/Kota Jabar Dilatih di Korea

Selasa, 30 Mei 2023 – 17:51 WIB
Persiapkan Digital Province, Para Sekda Kab/Kota Jabar Dilatih di Korea - JPNN.com Jabar
Pemerintah Provinsi Jawa Barat menginisiasi peningkatan kapasitas bagi delapan Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota Piloting di wilayahnya. Foto: Dok Pemprov Sumedang

jabar.jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menginisiasi peningkatan kapasitas bagi delapan Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota Piloting di wilayahnya.

Sekda Provinsi Jawa Barat sekaligus pimpinan delegasi Setiawan Wangsaatmaja menyatakan Jabar harus menjadi provinsi terdepan dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menuju Jabar Digital Province.

"Itu semua bisa kami raih apabila SDM aparaturnya memiliki mindset dan kompetensi digital yang baik. Karena itu, kami mulai dengan melatih para Sekda Kabupaten/Kota sebagai top management birokrasi pemetintahan di daerah," ungkap Setiawan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (30/5).

Adapun delapan sekda itu, yakni Kab. Sumedang, Kab. Majalengka, Kab. Kuningan, Kab. Garut, Kab. Bandung, Kab. Cirebon, Kota Cirebon dan Kota Tasik) terkait transformasi digital di Local Government Officials Development Institute (LOGODI) Korea.

Setiawan menjelaskan bahwa pelatihan yang bertajuk lengkap '2023 Digital Capacity Building Program for Civil Servants of West Java Province' tersebut dilaksanakan selama satu minggu, mulai 28 Mei sampai dengan 3 Juni 2023 di Kampus LOGODI di Kota Jeonju, Provinsi Jeollabuk-Do, Republik Korea.

Dia mengatakan ada berbagai materi yang relevan dengan upaya peningkatan kapasitas untuk penerapan SPBE atau digital government dikupas tuntas di LOGODI.

"Mulai dari digital platform government in Korea, change management and government innovation, digital leadership and governance, hingga berbagai praktik baik transformasi digital di Korea," bebernya.

Menurut Setiawan, pelatihan ini dilaksanakan bukan hanya untuk meningkatkan kapasitas para Sekda Kabupaten/Kota Piloting, tetapi juga untuk memotivasi agar segera bergerak.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menginisiasi peningkatan kapasitas bagi delapan Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota Piloting di wilayahnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News