Viral, Uang Karya Wisata Siswa SMAN 21 Bandung Digondol Oknum Travel

Rabu, 24 Mei 2023 – 18:00 WIB
Viral, Uang Karya Wisata Siswa SMAN 21 Bandung Digondol Oknum Travel - JPNN.com Jabar
Suasana kantor travel PT GTI di Jalan Moch Iskat No.20, Kelurahan Pasirkaliki, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung. Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Media sosial diramaikan dengan kabar penipuan yang dilakukan oleh agen travel terhadap perjalanan karya wisata siswa SMA Negeri 21 Bandung.

Diperkirakan ada 350 siswa yang gagal berangkat ke Yogjakarta untuk melaksakan karya wisata terhitung sejak Rabu hingga Jumat (24-26/5) mendatang. Dana kegiatan sebesar Rp400 juta diduga dibawa kabur oleh pihak agen travel berinisial GTI.

“Tiba-tiba kemarin kami dapat kabar kalau acara ini bakal direschedule,” kata Ketua Osis SMAN 21 Bandung Fazha Radistya Gibran ditemui Kantor PT GTI, Jalan Moch Iskat, Kota Bandung, Rabu (24/5).

Ia mengaku tidak mengetahui alasan kegian karya wisata diundur. Namun, setelah dilakukan rapat antara orang tua dan sekolah terungkap bahwa dana karya wisata yang sudah disetor sekolah dibawa kabur oleh pihak travel senilai Rp400 juta.

“Kami dapat kabar kalau misalkan uang yang kami sudah setorkan ke pihak travel itu dibawa kabur, nilainya sebesar Rp400 juta,” ujarnya.

Fazha menuturkan, kegiatan karya wisata ke Yogjakarta bersifat wajib karena berkaitan dengan karya tulis yang akan dikerjakan saat kelas 12 nanti.

Ada pun peristiwa itu telah dilaporkan ke kepolisian dan petugas tengah mengejar pelaku.

“Sekitar 350 lebih siswa yang ikut ke Yogjakarta karena itu diwajibkan sekolah. Kebanyakan sudah membayar lunas, makanya total digitnya sampai Rp400 juta. Per orang Rp1,3 juta,” ucapnya.

Sebanyak 350 siswa SMAN 21 Bandung gagal berangkat karya wisata diduga uang dibawa kabur oleh agen travel. Nominalnya ratusan juta.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News