Peresmian Rumah Kaca Anggrek Jadi Kado Istimewa Hari Jadi Ke-206 Kebun Raya Bogor

Rabu, 17 Mei 2023 – 18:00 WIB
Peresmian Rumah Kaca Anggrek Jadi Kado Istimewa Hari Jadi Ke-206 Kebun Raya Bogor - JPNN.com Jabar
Ketua Dewan Pengarah BRIN sekaligus Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI), Megawati Soekarnoputri, saat meresmikan rumah kaca anggrek di Kebun Raya Bogor. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Peringatan hari jadi Kebun Raya Bogor (KRB) tahun ini digelar bersamaan dengan berbagai kegiatan, yang diselenggarakan secara luring, pada Rabu (17/5), di Rumah Kaca Anggrek, Kebun Raya Bogor.

Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN, R. Hendrian mengatakan bahwa tema acara yang dilaksanakan pada hari ini adalah "Mendorong Konservasi Tumbuhan & Pelestarian Lingkungan di Daerah".

"Acara ini bukan saja mengundang para pengelola Kebun Raya Indonesia, tetapi juga para Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) dan alumni penerima Kalpataru," ucap Hendrian, Rabu (17/5).

Dia menjelaskan ke depan diperlukan koordinasi yang lebih erat antara BRIDA dan pengelolaan Kebun Raya di daerah.

Momentum peringatan hari jadi Kebun Raya Bogor tahun ini diharapkan dapat menjadi titik awal dari koordinasi tersebut.

Sampai saat ini, di Indonesia terdapat tidak kurang dari 46 Kebun Raya yang dikelola oleh Pemerintah Daerah dan Perguruan Tinggi, serta 5 Kebun Raya yang dikelola oleh BRIN.

Menurut Hendrian, gagasan dan pemikiran-pemikiran yang implementatif dan sesuai dengan kondisi dan tantangan spesifik yang ada di berbagai daerah sangat dibutuhkan.

"Oleh sebab itu kami juga mengundang para alumni penerima Kalpataru, untuk ikut serta menggerakkan upaya konservasi tumbuhan dan pelestarian lingkungan di daerah, sekaligus memberikan inspirasi dan memperkaya pengembangan riset dan inovasi di daerah,” jelasnya.

Hari jadi ke-206 Kebun Raya Bogor diwarnai sejumlah kegiatan menarik, termasuk peresmian rumah kaca anggrek yang dihadiril langsung Megawati Soekarnoputri.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News