Pemprov Jabar Siap Sukseskan Pekan Imunisasi Dunia

Kamis, 11 Mei 2023 – 15:34 WIB
Pemprov Jabar Siap Sukseskan Pekan Imunisasi Dunia - JPNN.com Jabar
Ilustrasi imunisasi anak. Foto: GSK

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyatakan siap menyukseskan pelaksanaan Pekan Imunisasi Dunia (PID), yang akan dilaksanakan pada pekan keempat bulan Mei 2023, dengan mengusung tema The Big Catch Up. 

 "Di Indonesia tema PID berbeda dengan negara lainnya, yakni Ayo Lindungi Diri Sendiri, Keluarga dan Masyarakat dengan Imunisasi Lengkap," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, dr. R. Nina Susana Dewi, pada acara Japri (Jabar Punya Informasi) Vol. 121 "Pekan Imunisasi Dunia", di Aula Timur Gedung Sate Kota Bandung, Rabu (10/5). 

Menurut Nina, imunisasi itu harus lengkap diikuti, makanya kalau ada anak yang imunisasi nya tidak lengkap maka harus dikasih tahu dan didorong untuk melakukan imunisasi. 

"Jadi semua perintah terkait imunisasi harus kita laksanakan, kita dukung. Pemerintah Provinsi Jawa Barat siap melakukan koordinasi secara Pentahelix dengan lintas sektoral untuk melaksanakan imunisasi," kata dia. 

"Hal itu yang kita inginkan, agar dengan PID ini imunisasi anak Indonesia khususnya di Jawa Barat bisa setinggi mungkin dari yang ditargetkan," lanjut dia. 

Dia menjelaskan alasan mengapa imunisasi penting yakni karena kalau tidak diimunisasi tubuh bisa sakit karena penyakit yang sebetulnya bisa dicegah dengan imunisasi.  

"Misalnya kemarin di Purwakarta, meski hanya satu kejadian tapi karena Polio itu sudah tidak sejak tahun 2014 lalu muncul kembali, makanya langsung dinyatakan KLB. Kita menginginkan anak di Jawa Barat lengkap imunisasinya sehingga tidak terkena penyakit," kata Nina.

Ia menyebutkan, Pekan Imunisasi Dunia (PID) di Jawa Barat puncaknya akan diselenggarakan pada 13 Mei di Bio Farma, untuk semua jenis imunisasi. 

Pemerintah Provinsi Jawa Barat siap meramaikan pelaksanaan Pekan Imunisasi Dunia (PID).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News