2.163 Calhaj Asal Kabupaten Bekasi Siap Berhaji di Tahun Ini

Rabu, 10 Mei 2023 – 10:35 WIB
2.163 Calhaj Asal Kabupaten Bekasi Siap Berhaji di Tahun Ini - JPNN.com Jabar
Ilustrasi calon jemaah haji. Foto: Humas Pemkot Bandung

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Asnawi mengatakan kuota haji Kabupaten Bekasi berjumlah 2.163 orang yang akan diberangkatkan ke tanah suci pada musim haji tahun ini.

Asnawi memerinci, sebanyak 1.013 calon haji merupakan jemaah tunda 2020 dan 2021, sebanyak 122 orang tunda 2022, jemaah urut porsi 952 orang, serta 76 orang prioritas lanjut usia.

"Iya, betul ada yang tertunda pada 2020 dan 2021. Kemudian pada 2022 ada keberangkatan, tetapi ada pembatasan usia yaitu 65 tahun ke bawah, karena sudah ketentuan dari Saudi Arab," katanya.

Dia mengatakan kelompok terbang (kloter) pertama nasional dijadwalkan berangkat pada 23 Mei 2023, sementara untuk jemaah calon haji asal Kabupaten Bekasi masih menunggu proses pembagian kloter atau qur'ah.

"Tinggal sebentar lagi, cuma untuk Kabupaten Bekasi, kami masih menunggu qur'ah," katanya.

Proses lain yang sedang berjalan adalah pembuatan visa biometrik. Visa biometrik ini merupakan kebijakan Pemerintah Arab Saudi dan seluruh jemaah diharuskan mengisi melalui aplikasi Saudi Visa Bio.

"Di antaranya seperti upload foto, sidik jari, serta paspor. Pembuatan visa biometrik ini dapat dilakukan di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah bagi jemaah yang tergabung di KBIHU. Jemaah non-KBIHU bisa mandiri atau nanti bisa difasilitasi oleh kami," katanya.

Asnawi mengapresiasi kebijakan pelayanan haji di bawah koordinasi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sehingga Indonesia mendapatkan penghargaan dari Kerajaan Arab Saudi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Asnawi mengatakan kuota haji Kabupaten Bekasi di tahun ini berjumlah 2.163 orang.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News