30 Bencana Alam Melanda Kota Bogor di Sepanjang April 2023

Senin, 08 Mei 2023 – 06:30 WIB
30 Bencana Alam Melanda Kota Bogor di Sepanjang April 2023 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi bencana hidrometeorologi Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor mencatat, terdapat 30 bencana alam yang terjadi di Kota Bogor di sepanjang April 2023.

Kepala BPBD Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas mengatakan 30 bencana alam tersebut terdiri dari longsor, banjir, angin kencang, pohon tumbang, hingga rumah roboh.

“Dari 30 bencana alam, ada 13 titik tanah longsor dan tanah amblas, 1 titik banjir, 1 kejadian angin kencang, 3 kejadian pohon tumbang, 8 kejadian bangunan roboh, 3 kejadian kebakaran dan 1 kejadian penyelamatan hewan,” ucap Teofilo, dikutip, Senin (8/5).

Dia menjelaskan dari 30 bencana alama yang terjadi, ada 36 kepala keluarga (KK) dengan 154 jiwa yang terdampak.

“Selain itu, 1 kendaraan roda dua terdampak pohon tumbang di Jalan Batu Tulis, RT 1, RW 1, Kelurahan Batu Tulis, Bogor Selatan. 1 gedung sarana pendidikan SDN Cilendek 4 terdampak tanah longsor di Kampung Karya Bakti, RT 3, RW 3, Kelurahan Cilendek, Bogor Barat,” jelasnya.

Dirinya juga mengungkapkan bahwa ada 15 rumah yang terdampak akibat bencana tersebut, 6 di antaranya mengalami rusak ringan dan 9 mengalami rusak berat.

Meski demikian, Teofilo menerangkan bahwa pada periode April 2023 ini jumlah bencana alam di Kota Bogor relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

“Jumlah kejadian tanah longsor mengalami penurunan signifikan, dan dengan kondisi cuaca hujan yang tinggi tanpa disertai angin kencang wilayah Kota Bogor tidak mengalami kejadian yang membahayakan,” pungkasnya. (mcr19/jpnn)

BPBD Kota Bogor mencatat selama April 2023, terdapat 30 bencana alam, yang mengakibatkan 36 KK dengan 154 jiwa terdampak. Berikut perinciannya.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Lutviatul Fauziah

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News