Tren Pendapatan Jabar Meningkat, Ridwan Kamil Apresiasi Kinerja Bapenda

Kamis, 04 Mei 2023 – 12:40 WIB
Tren Pendapatan Jabar Meningkat, Ridwan Kamil Apresiasi Kinerja Bapenda - JPNN.com Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama Kepala Bapenda Dedi Taufik. Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi kinera Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) yang bisa menjaga tren positif, bahkan melebihi target dalam hal pengelolaan penerimaan pajak.

Hal ini sangat penting untuk keberlangsungan pembangunan di berbagai sektor.

Pria yang karib disapa Emil itu menyebut salah satu faktor pemanfaatan uang pajak digunakan untuk pembenahan infrastriktur seperti jalan, yang sempat terhenti untuk pemulihan dii masa pandemi Covid-19.

“(Kinerja Bapenda) sudah mantap, sudah bagus, membuat pendapatan Jabar normal bahkan melebihi target. Manfaatnya buat ngaspal jalan yang sempat tertunda, buat pembangunan. Intinya uang pajak harus kembali (digunakan untuk kebermanfaatan) ke rakyat,” katanya, Kamis (4/5).

Diketahui, realisasi pendapatan pada tahun 2022 kurang lebih sebesar Rp 32 triliun. Angka ini di antaranya didapatkan dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 22,9 triliun, atau capaian realisasinya 103 persen dari target.

Kontribusi terbesar berasal dari Pajak Daerah sebesar Rp 21,1 triliun.

Sementara itu, Kepala Bapenda Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan triwulan I tahun 2023, realisasi pendapatan mencapai Rp 7,65 triliun.

Jumlah itu melebihi target yang sudah ditetapkan sebesar Rp 6,934 triliun.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi kinera Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) yang bisa menjaga tren positif dalam hal pendapatan pajak.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News