Waspada Gelombang Tinggi di Sejumlah Wilayah Indonesia

Kamis, 20 April 2023 – 22:21 WIB
Waspada Gelombang Tinggi di Sejumlah Wilayah Indonesia - JPNN.com Jabar
Ilustrasi gelombang tinggi. FOTO: ANTARA/Sumarwoto

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan surat peringatan dini gelombang tinggi yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia.

Gelombang tinggi ini diprediksi terjadi pada 20 hingga 21 April 2023 pukul 07.00 WIB.

"Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari utara - timur laut dengan kecepatan angin berkisar 8 - 30 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari tenggara - selatan dengan kecepatan angin berkisar 6 - 20 knot," kata Prakirawan Adnan Dendy dalam keterangannya, Kamis (20/4).

Adnan melanjutkan, kecepatan angin tertinggi terpantau terjadi di Selat Malaka, Laut Natuna, Laut Banda, Samudra Hindia selatan Jawa hingga NTT, dan Laut Arafuru bagian timur.

Adapun tinggi gelombang 2,5 hingga 4,0 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo, Yogjakarta, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Pangandaran.

Kemudian juga di Samudera Hindia Selatan Cilacap, Kebumen, Purworejo, Yogjakarta, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Pangandaran.

Dalam surat edaran dengan nomor: ME.301/PD/12/CLP/UV/BMKG-2023 juga diperingatkan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

"Perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m), kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m), kapal ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m)," tuturnya.

BMKG mengeluarkan surat peringatan dini gelombang tinggi di sejumlah perairan di wilayah Indonesia.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News