Polisi Siap Antisipasi Penimbunan Pangan Menjelang Lebaran

Sabtu, 08 April 2023 – 16:10 WIB
Polisi Siap Antisipasi Penimbunan Pangan Menjelang Lebaran - JPNN.com Jabar
Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jabar Kombes Pol Deni Oktavianto saat mengecek bahan pangan telur ayam di salah satu kios di Pasar Sederhana, Jalan Sukajadi, Kota Bandung, Sabtu (8/4). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Satgas Pangan Bareskrim Polri bersama Polda Jabar bakal mengawasi distribusi bahan pangan menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

Berdasarkan pengecekan di lapangan, polisi memastikan sampai dengan dua pekan menjelang lebaran, ketersediaan bahan pangan masih aman. Tidak ditemukan adanya kelangkaan komoditas pangan.

Namun demikian, pihak polisi bakal tetap memantau dan memberikan perbantuan apabila nanti terjadi kekurangan.

“Memang nanti dari hasil kegiatan pengecekan di sini akan kelihatan kan mana barang-barang yang harganya naik, mungkin itu akibat ketersediaan barang yang kurang kah, atau distribusi kurang lancar, itu kami yang harus antisipasi langsung dan pebantukan,” kata Satgas Pangan Bareskrim Polri Kombes Pol Eka Mulyana seusai mengecek ketersediaan bapok di Pasar Sederhana, Jalan Sukajadi, Kota Bandung, Sabtu (8/4).

Kata Eka, apabila nanti ketersediaan pangannya kurang, pihaknya bakal berkoordinasi dengan pemerintah daerah lain untuk perbantuan dari daerah lain.

“Kalau misalkan nanti ketersediaan kurang, kami akan berkoordinasi dengan daerah yang surplus.
Misalnya, bawang merah kurang akan berkoordinasi dengan Brebes, telur kurang koordinasi dengan Blitar yang daerahnya surplus, daging kurang koordinasi dengan Lampung, pokoknya daerah-daerah penghasil pokok itu,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jabar Kombes Pol Deni Oktavianto mengatakan, pihaknya mendukung langkah Bareskrim Polri untuk menjaga kestabilan harga pangan.

“Kami mendukung kegiatan tersebut untuk kestabilan harga pangan, kemudian kelancaran distribusi dan ketersediaan pangan,” ujarnya.

Polda Jabar bakal berkoordinasi dengan pemerintah daerah apabila nantinya terjadi kekurangan ketersediaan pangan menjelang Hari Raya Lebaran.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News