6 Manfaat Alpukat yang Luar Biasa, Cegah Timbulnya Penyakit Mematikan Ini

Rabu, 05 April 2023 – 08:30 WIB
6 Manfaat Alpukat yang Luar Biasa, Cegah Timbulnya Penyakit Mematikan Ini - JPNN.com Jabar
Alpukat. Foto : Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Alpukat merupakan buah dengan daging lembut yang biasanya dikonsumsi dalam bentuk jus serta tak ternilai harganya.

Tak ternilai harganya karena alpukat menonjol di antara spesies buahnya.

Dari rasanya yang unik hingga nilai gizinya yang tiada habisnya, buah yang selalu hijau ini sarat dengan banyak manfaat kesehatan yang menjamin kesehatan kita.

Seperti yang dijelaskan oleh Chris Gunnar, alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung, dengan 77 persen kalorinya berasal dari lemak, sehingga menjadikannya salah satu makanan nabati paling gemuk yang ada.

Namun, penting untuk dicatat bahwa pir alpukat tidak hanya mengandung lemak, sebagian besar lemak dalam alpukat adalah asam oleat.

Asam oleat, di sisi lain, memiliki banyak manfaat kesehatan yang meliputi, menurunkan tekanan darah, menurunkan berat badan, melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, mencegah diabetes tipe 2, serta kolitis ulserativa dan menghasilkan mielin otak. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Pulse.ng.

1. Alpukat mengatur tekanan darah

Faktor risiko yang signifikan untuk serangan jantung, stroke, dan penyakit ginjal, adalah karena meningkatnya tekanan darah tubuh yang kekurangan potasium.

Sementara pisang dikenal kaya akan potasium, penelitian telah menunjukkan bahwa pir alpukat jauh melebihi pisang dalam nilai potasium, sehingga menjadikannya makanan super yang benar-benar diremehkan dalam hal menurunkan tekanan darah.

Berikut ini enam manfaat alpukat yang luar biasa, salah satunya bisa mencegah timbulnya penyakit kanker.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News