155 Rumah di Purwakarta Rusak Diterjang Anggin Puting Beliung, Anne Ratna Mustika Bergerak

Selasa, 04 April 2023 – 13:00 WIB
155 Rumah di Purwakarta Rusak Diterjang Anggin Puting Beliung, Anne Ratna Mustika Bergerak - JPNN.com Jabar
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika saat meninjau lokasi bencana angin puting beliung di daerahnya. (ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta)

jabar.jpnn.com, PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta telah menurunkan pasukan penanggulangan bencana untuk membersihkan sisa-sisa reruntuhan rumah dan pohon tumbang akibat angin puting beliung.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan sebanyak 155 rumah rusak akibat hujan lebat yang disertai angin puting beliung di sembilan desa, Kecamatan Bojong, Purwakarta, pada Minggu (2/4).

"Kami menerjunkan seluruh personel BPBD, Dinsos dengan Tagananya, Kesra untuk Rutilahunya, serta sukarelawan, untuk bersama-sama dengan warga membantu para korban bencana angin puting beliung. Bantuan sembako juga kami sertakan," katanya, Selasa (4/4).

Selain itu jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan para pihak terkait lainnya juga mendirikan posko-posko bantuan untuk para korban bencana di desa yang terdampak, termasuk membuka dapur umum.

Menurut dia, pasukan dan peralatan siaga darurat bencana hidrometeorologi diturunkan sebagai bagian dari mitigasi bencana yang memiliki sejumlah tujuan, diantaranya ialah untuk mengenali resiko, penyadaran resiko bencana, perencanaan penanggulangan, dan sebagainya.

Artinya mitigasi adalah upaya mulai dari pencegahan sebelum suatu bencana terjadi sampai dengan penanganan usai bencana terjadi.

"Kami telah melakukan assesment, dibantu dengan TNI dan Polri serta kepala desa," katanya.

Untuk sementara ini diketahui terdapat 155 rumah yang terdampak dengan klasifikasi rusak ringan, sedang, dan berat.

Pemerintah Purwakarta menurunkan pasukan penanggulangan bencana untuk membersihkan sisa-sisa reruntuhan rumah dan pohon tumbang akibat angin puting beliung.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News