Bantuan Sebesar Rp1,5 Miliar Digelontorkan Pemprov Jabar Demi Membantu Korban Bencana di Sukabumi

Minggu, 20 Februari 2022 – 11:46 WIB
Bantuan Sebesar Rp1,5 Miliar Digelontorkan Pemprov Jabar Demi Membantu Korban Bencana di Sukabumi - JPNN.com Jabar
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat meninjau lokasi banjir bandang di Kampung Tugu Kelurahan Jaya Raksa, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Sabtu (19/2). (Foto: Humas Pemprov Jabar)

jabar.jpnn.com, SUKABUMI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menggelontorkan dana bantuan sebesar Rp1,5 miliar, untuk memperbaiki bangunan rusak akibat banjir bandang yang terjadi di Kampung Tugu Kelurahan Jaya Raksa, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungan Gubernur Jabar Ridwan Kamil ke lokasi bencana, pihaknya turut mengecek kesiapan fasilitas tanggap darurat. Seperti posko kesehatan dan posko utama pusat informasi yang telah disediakan bagi kebutuhan warga setempat.

"Bantuan dari Pemprov Jabar Rp1,5 miliar, ditambah Rp500 juta dari zakat orang-orang baik yang menitipkan ke saya. Jadi, total bantuannya Rp2 miliar," kata Ridwan Kamil dalam keterangan resminya, pada Minggu (20/2).

Dalam kunjungannya, Ridwan Kamil memastikan kondisi warga yang terdampak banjir bandang tetap aman dan sehat. Gerak cepat dari BPBD Kota Sukabumi dan Pemkot Sukabumi sangat membantu mereka.

Mantan Wali Kota Bandung itu juga meminta Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana dan Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi agar merespons bencana ini dengan melakukan tindakan tanggap darurat, dengan mengangkat material banjir yang menimpa rumah warga menggunakan alat berat.

"Ternyata ada banyak sekali rumah yang rusak berat, tanggap darurat saya titipkan kepada Pak Wali dengan tim, dibantu TNI dan Polri," ujarnya.

Sebelumnya, hujan deras mengguyur wilayah Sukabumi pada Kamis (17/2) lalu sejak sore hingga malam hari.

Akibat cuaca ekstrem itu, ratusan rumah, fasilitas umum, dan fasilitas sosial terendam banjir. Bahkan, dilaporkan satu orang meninggal dunia dan satu orang mengalami luka. (mcr27/jpnn)

Pemprov Jabar menyalurkan dana bantuan senilai Rp1,5 M untuk warga terdampak banjir bandang di wilayah Sukabumi.

Redaktur : Yogi Faisal
Reporter : Nur Fidhiah Sabrina

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News