Bawaslu Kota Bogor Ajak Masyarakat Berperan Aktif Awasi Pemilu 2024

Selasa, 14 Februari 2023 – 15:15 WIB
Bawaslu Kota Bogor Ajak Masyarakat Berperan Aktif Awasi Pemilu 2024 - JPNN.com Jabar
Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi dan Humas Bawaslu Kota Bogor, Ahmad Fathoni saat memberikan keterangan resmi kepada awak media. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Menjelang satu tahun pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 pada 14 Februari 2024 mendatang, Bawaslu Kota Bogor terus mengingatkan masyarakat untuk berperan aktif dalam mengawasi jalannya tahapan pemilu yang salah satunya dengan cara memastikan diri tercatat sebagai pemilih.

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi dan Humas Bawaslu Kota Bogor, Ahmad Fathoni mengungkapkan saat ini jajaran KPU tengah melaksananakan tahapan penyusunan daftar pemilih dengan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh petugas Panitia Pemutakhiran Daftar Pemilih (Pantarlih).

Coklit tersebut telah dilaksanakan sejak 12 Februari hingga 14 Maret 2023 mendatang, yang dilakukan untuk mendapatkan data pemilih yang akurat.

“Pantarlih ini mendatangi rumah warga, sehingga siapkan dan pastikan anggota keluarga yang telah memenuhi syarat tercatat dalam daftar pemilih," ucapnya, Selasa (14/2).

Para Pantarlih akan melakukan pencatatan data pemilih yang memenuhi syarat yang belum terdata di dalam daftar pemilih, memperbaiki data pemilih jika ada kekeliruan, mencatat pemilih yang telah berubah status dari status prajurit TNI atau anggota Polri, mencoret data pemilih yang telah berubah status dari status sipil menjadi prajurit TNI atau Polri, mencoret data pemilih yang belum pernah kawin atau menikah pada hari pemungutan suara.

Pihaknya mengimbau agar para Pantarlih dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan prosedur yang ada, dan kepada masyarakat diimbau untuk membantu kegiatan tersebut.

"Kepada masyarakat, tolong bantu Pantarlih karena mereka sedang menjalankan tugas negara demi mendapatkan pemilu yang terlegitimasi karena terjaganya hak konstitusi warga dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024," tuturnya.

Selain itu, tahapan yang mesti dikawal juga ada tahapan verifikasi faktual (verfak) dukungan calon DPD RI.

Menjelang satu tahun menuju Pemilu 2024 pada 14 Februari 2024 mendatang, Bawaslu Kota Bogor terus melakukan persiapan seperti pendataan pemilih dan pengawasan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News