PAN dan PPP Jabar Kompak Legowo Bila Capres KIB Airlangga Hartanto, Ada Apa?

Sabtu, 01 Oktober 2022 – 17:25 WIB
PAN dan PPP Jabar Kompak Legowo Bila Capres KIB Airlangga Hartanto, Ada Apa? - JPNN.com Jabar
(kiri - kanan) Pjs. Ketua DPW PPP Jawa Barat Pepep Syaiful Hidayat; Ketua DPD Golkar Jabar Ace Hasan Syadzily; Sekretaris DPW PAN Jawa Barat Hasbullah Rahmad; dan Pengamat Politik Unpad Firman Manan dalam diskusi politik di Kota Bandung, Jumat (30/9). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Sekretaris DPW PAN Jawa Barat Hasbullah Rahmad menyatakan partainya akan menerima apabila Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada akhirnya mengusung Airlangga Hartarto sebagai Calon Presiden (Capres) 2024.

Kata Hasbullah, pemilihan ketua umum partai politik yang diusung sebagai capres sudah disahkan melalui Rakernas PAN.

“Dalam Rakernas PAN, tiga nama Ketua Umum (Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan, Suharso Monoarfa) itu kami usulkan menjadi capres. Artinya, siapapun nantinya dari tiga ketua umum itu yang menjadi capres, itu sudah sah di internal partai kami karena sudah melalui Rakernas,” kata Hasbullah dalam diskusi GASPOL di Kota Bandung, Jumat (30/9).

Hasbullah menjelaskan, alasan PAN mengusung tiga nama Ketua Umum tersebut dikarenakan ingin menunjukkan adanya nuansa baru dalam kontestasi politik di Pilpres 2024.

Meski begitu, keputusan tersebut cukup dilematis bagi parpol. Namun, keputusan itu dinilai sebagai langkah yang tepat untuk penguatan politik dalam demokrasi di Indonesia.

“Ini menjadi dilematis bagi kami di partai politik, jika kami mengikuti arus dari figur yang populer sebut saja Ganjar (Pranowo), Anies (Baswedan), Ridwan Kamil, itu tidak bisa diratakan di seluruh republik ini. Dia punya kantong massanya masing-masing,” jelasnya.

“Dan kalau kami sebut hari ini, itu bertentangan dengan konstituen basis massa kami. Makanya sudah benar kami koalisi KIB memunculkan calon presidennya dari Ketua Umum partai kami masing-masing,” sambungnya.

Hasbullah menegaskan, bahwa partainya ingin mengubah kebiasaan politik yang menjadikan partai hanya sebagai kendaraan politik.

PAN dan PPP akan menerima bila kelak KIB mengusung Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024. Namun, Waketum PP Arsul Sani berkata lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News