KPU Jabar SIapkan Langkah Strategis Dalam Tahapan Pemilu 2024

Rabu, 03 Agustus 2022 – 22:45 WIB
KPU Jabar SIapkan Langkah Strategis Dalam Tahapan Pemilu 2024 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pemilu. Foto: dok/JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menyiapkan sejumlah langkah strategis dalam melancarkan proses verifikasi administrasi partai politik, menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Langkah yang pertama, kami melakukan konsolidasi sumber daya manusia (SDM) yakni dengan sudah dibentuknya tim kerja," kata Anggota KPU Provinsi Jawa Barat Endun Abdul Haq, di Kota Bandung, Rabu (3/8).

Langkah yang kedua, lanjut Endun, KPU Jawa Barat telah menyiapkan infrastruktur untuk menunjang proses verifikasi ini seperti jaringan, hardware, dan sarana penunjang lainnya.

"Karena jika ada perintah dari KPU RI, skemanya melalui sistem informasi parpol atau Sipol. Hal ini tentu akan membutuhkan infrastruktur," kata dia.

Langkah yang ketiga, KPU Jawa Barat melakukan konsolidasi dan komunikasi dengan sejumlah pemangku kepentingan, misalnya dengan parpol di daerah dan Bawaslu.

Lebih lanjut, kata Endun, pihaknya dan KPU kabupaten/kota menyatakan kesiapannya menghadapi proses Pemilu Tahun 2024.

"Setelah pendaftaran parpol oleh dewan pimpinan pusat (DPP)-nya masing-masing, KPU RI akan melakukan proses verifikasi administrasi. Di tengah-tengah proses verifikasi administrasi itu ada peran KPU daerah, khususnya kota/kabupaten," kata Endun.

"Jadi pada prinsipnya, kami di daerah siap siaga jika KPU RI memerintahkan kami untuk melakukan klarifikasi data keanggotaan parpol dalam proses verifikasi administrasi," sambung Endun. (antara/jpnn)

Komisi Pemilihan Umum atau KPU Jawa Barat telah menyiapkan sejumlah langkah strategis dalam menyukseskan seluruh tahapan Pemilu 2024.

Redaktur & Reporter : Ridwan Abdul Malik

Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News