Disdukcapil Garut Lakukan Akselerasi Perekaman KTP Elektronik untuk Pemilih Pemula

Rabu, 14 Agustus 2024 – 08:15 WIB
Disdukcapil Garut Lakukan Akselerasi Perekaman KTP Elektronik untuk Pemilih Pemula - JPNN.com Jabar
Ilustrasi KTP / e-KTP. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, GARUT - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Garut terus melakukan percepatan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik untuk calon pemilih pemula, dalam rangka menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Tercatat, sebanyak 15.822 orang masuk dalam kategori pemilih pemula untuk Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Garut.

Salah satu langkah strategis yang dilakukan Disdukcapil Kabupaten Garut yaitu dengan cara jemput bola perekaman KTP elektronik.

"Kami terus kejar pemilih pemula atau kalangan pelajar yang berusia atau akan berusia 17 tahun untuk dilakukan perekaman KTP," kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Garut Natsir Alwi, dikutip Rabu (14/8).

Natsir menuturkan, pihaknya telah mengirimkan sejumlah petugas untuk membuka pelayanan perekaman KTP elektronik di sekolah-sekolah.

Bagi pemilih pemula yang tidak masuk Dapodik, pihaknya langsung membuka layanan di setiap kecamatan dan desa untuk memudahkan mereka mendapatkan akses perekaman KTP elektronik.

Sebanyak 15.822 orang, yang terbagi dua sasaran yakni berdasarkan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) atau tercatat sebagai pelajar sebanyak 12.665 orang, dan tidak masuk Dapodik atau bukan pelajar sebanyak 3.157 orang.

"Kalau yang pelajar, kami langsung masuk ke SMA, SMK, Madrasah Aliyah, maupun pondok pesantren, yang sekarang tinggal sedikit lagi, hampir selesai," katanya.

Disdukcapil Kabupaten Garut terus melakukan percepatan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik untuk calon pemilih pemula di Pilkada 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News