Bacawalkot Bandung Arfi Rafnialdi Buat Banner Multifungsi Jadi Tas Jinjing

Selasa, 06 Agustus 2024 – 13:50 WIB
Bacawalkot Bandung Arfi Rafnialdi Buat Banner Multifungsi Jadi Tas Jinjing - JPNN.com Jabar
Salah seorang warga Cibunut saat menggunakan tas jinjing hasil daur ulang APK banner Bacawalkot Arfi Rafnialdi. Foto: sources for JPNN

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Bakal Calon Wali Kota (Bacawalkot) Bandung Arfi Rafnialdi punya gagasan unik dalam membuat Alat Peraga Kampanye (APK).

Selain berfungsi sebagai media sosialisasi, ia membuat sebuah banner yang punya kegunaan lain, seperti tas belanja atau wadah tanaman (reusable banner).

Banner berukuran 50x100 cm itu diluncurkan secara resmi oleh Arfi bersama warga Cibunut di Kelurahan Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung pada Senin (5/8/2024) malam.

Pria yang karib disapa Kang Arfi itu menjelaskan, Cibunut dipilih lantaran punya historis sebagai salah satu kampung di Bandung yang sukses dalam memilah sampah masyarakat.

Kang Arfi pun membuat reusable tersebut terinspirasi dari semangat masyarakat Cibunut yang sudah sadar akan pengolahan sampah.

"Jadi kalau ke Cibunut kita kahebos (tertular) oleh semangat positif warga," kata Arfi.

Secara umum, kata dia, banner tersebut memuat foto dirinya. Namun jika dilihat secara detil, banner tersebut memiliki pola garis sebagai panduan. Hanya butuh alat jahit, warga bisa mengikuti pola tersebut agar bisa menjadi sebuah tas jinjing (tote bag).

"Nah makanya reusable banner ini ada garis-garis panduannya. Jadi ada polanya yang kita contohkan, nanti bentuknya bisa jadi tote bag. Tapi tadi saya lihat warga ada yang dibuat jadi tas sekolah, media tanam dan lain-lain, seru melihat kreasi warga," ungkapnya.

Bakal Calon Wali Kota (Bacawalkot) Bandung Arfi Rafnialdi punya gagasan unik dalam membuat Alat Peraga Kampanye (APK).
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News