Bacawalkot Bandung Farhan Ingin Aktifkan Lagi Gedung Kesenian di Kota Bandung

Senin, 05 Agustus 2024 – 19:45 WIB
Bacawalkot Bandung Farhan Ingin Aktifkan Lagi Gedung Kesenian di Kota Bandung - JPNN.com Jabar
Bacawalkot Bandung Muhammad Farhan saat menghadiri kegiatan 'Deklarasi Dukungan Simpul Ti Umah Urang Keur Bandung' di Kota Bandung, Senin (5/8/2024). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Bakal Calon Wali Kota (Bacawalkot) Bandung Muhammad Farhan ingin kembali mengaktifkan ruang atau galeri-galeri kesenian di Kota Bandung. 

Reaktivitas galeri kesenian ini menjadi salah satu prioritas Farhan bila kelak terpilih sebagai Wali Kota Bandung periode 2024 - 2029.

Farhan mengatakan, julukan Bandung sebagai kota kesenian harus terus dijaga. Salah satunya adalah mengaktifkan kembali ruang-ruang seni yang menurut dia, saat ini tidak dimanfaatkan. 

"Ingin mengembangkan ekosistem dunia seni sebagai inti dunia kreatif, kalau bagus maka ekspresi industri bisa bermacam-macam, mulai dari wisata karya seni, lukisan, patung, atau pertunjukan seni," kata Farhan ditemui dalam kegiatan 'Deklarasi Dukungan Simpul Ti Umah Urang Keur Bandung' di Kota Bandung, Senin (5/8/2024). 

Ia menuturkan, tantangan Kota Bandung sebagai kota wisata adalah minimnya ruang pertunjukan bagi para pelaku seni.

Di Bandung, gedung pertunjukan yang masih aktif menampilkan kesenian hanyalah Saung Angklung Udjo. 

Sisanya, galeri-galeri kesenian seperi Rumentang Siang, justru mati dan tidak lagi dipakai. 

"Tantangan ke Bandung ini misalnya mau ke seni budaya ini hanya ada satu ke Saung Udjo, nggak ada yang lain. Ini harus jadi pertanyaan besar, makanya harus menciptakan ekosistem tersebut, sehingga orang yang datang ke Bandung ingin mendapatkan nonton Bandung ini misal Jaipongan, Tapekong, Wayang, dan lain-lain," jelasnya. 

Bakal Calon Wali Kota (Bacawalkot) Bandung Muhammad Farhan ingin kembali mengaktifkan ruang atau galeri-galeri kesenian di Kota Bandung. 
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News