Peringati Hari Lingkungan Hidup, Ratusan Kendaraan di Kabupaten Bekasi Jalani Uji Emisi

Kamis, 06 Juni 2024 – 09:00 WIB
Peringati Hari Lingkungan Hidup, Ratusan Kendaraan di Kabupaten Bekasi Jalani Uji Emisi - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pelaksaan uji emisi. Foto: Satlantas.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menggelar uji emisi dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan menyasar kendaraan yang melintasi area Taman Sehati di Kompleks Stadion Wibawa Mukti Kelurahan Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur.

Kegiatan uji emisi gratis ini melibatkan petugas gabungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Polres Metro Bekasi, Dinas Perhubungan, serta petugas keamanan Kawasan Industri Jababeka Cikarang.

"Saya lihat antusias masyarakat juga cukup besar, antrean kendaraan baik mobil maupun motor cukup banyak menunjukkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat untuk memastikan kendaraan mereka bebas emisi ini meningkat," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan.

Dia mengatakan uji emisi kendaraan bermotor ini merupakan rangkaian agenda memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kabupaten Bekasi yang diawali dengan kegiatan penanaman pohon di beberapa titik.

"Tidak ada penindakan maupun denda pada uji emisi ini. Pengendara yang lolos uji emisi akan diberikan surat keterangan lolos uji emisi. Bagi yang belum, diberikan rekomendasi perbaikan ke bengkel untuk dilakukan perawatan," katanya.

Dani menegaskan salah satu fokus yang dicanangkan pemerintah daerah melalui kegiatan ini adalah mengurangi tingkat emisi karbon. Masyarakat didorong melakukan tes uji karbon kendaraan untuk memastikan emisi gas buang aman.

"Di sisi lain kami juga tumbuhkan tanaman-tanaman agar karbon-karbon dioksida yang beredar di udara kita bisa diserap oleh pohon, lalu pohon tersebut bisa menghasilkan oksigen yang segar untuk kita," katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Syafri Donny Sirait mengatakan kegiatan uji emisi ini diikuti 215 kendaraan terdiri atas 137 kendaraan roda empat berbahan bakar bensin, 18 kendaraan roda empat berbahan bakar solar, serta 60 kendaraan roda dua berbahan bakar bensin.

Pemkab Bekasi gelar uji emisi peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan menyasar kendaraan yang melintasi Taman Sehati di Kompleks Stadion Wibawa Mukti
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News