KPU: Tak Ada Calon Independen di Pilwalkot Bogor 2024

Kamis, 16 Mei 2024 – 08:30 WIB
KPU: Tak Ada Calon Independen di Pilwalkot Bogor 2024 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Pilkada. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor memastikan tidak ada calon perseorangan atau independen yang akan maju pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di wilayah tersebut.

Sekretaris KPU Kota Bogor, Hangga Pramaditya mengatakan hal itu dinyatakan dari tidak adanya bakal calon yang menyerahkan syarat dukungan bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali Kota Bogor melalui jalur perseorangan ke KPU hingga 12 Mei 2024.

“Nihil (calon perseorangan) di Kota Bogor. Ada satu datang, tetapi tujuannya adalah konsultasi. Bukan penyerahan dukungan,” kata Hangga.

Hangga menegaskan bahwa pembukaan pendaftaran bakal calon perseorangan telah dibuka per tanggal 8 sampai 12 Mei 2024. Namun, hingga batas hari terakhir tidak ada yang melakukan pendaftaran.

“Betul, untuk Pilkada 2024 ini tidak ada pasangan calon wali kota dan wakil wali kota dari independen atau perseorangan,” jelasnya.

Sementara itu, KPU Kota Bogor telah melakukan sosialisasi bagi calon perseorangan yang ingin mengikuti kontestasi Pilkada pada November 2024. Sosialisasi tersebut telah dilaksanakan sejak 8 Mei 2024.

Adapun syarat minimal dukungan bagi calon perseorangan harus memiliki jumlah dukungan sebanyak 60.014 orang dengan minimal sebaran dukungan di empat kecamatan di Kota Bogor.

Hal itu, berdasarkan PKPU 2/2024 tentang syarat minimal dukungan calon perseorangan di angka 7,5 persen dari DPT (Daftar Pemilih Tetap) terakhir Pemilu Kota Bogor, di mana berjumlah 800.181 orang.

KPU Kota Bogor memastikan tidak ada calon perseorangan atau independen yang akan maju pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News