Bermain Isu Penggelembungan Suara, KPU Jabar Bakal Diadukan ke DKPP hingga Gakkumdu RI oleh DPD Golkar

Senin, 18 Maret 2024 – 17:30 WIB
Bermain Isu Penggelembungan Suara, KPU Jabar Bakal Diadukan ke DKPP hingga Gakkumdu RI oleh DPD Golkar - JPNN.com Jabar
DPD Partai Golkar Jawa Barat mengancam akan mengadukan KPU Jabar DKPP, Bawaslu RI hingga ke Gakkumdu Bawaslu RI. Foto: Source for JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - DPD Partai Golkar Jawa Barat mengancam akan mengadukan KPU Jabar ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Bawaslu RI hingga ke Gakkumdu Bawaslu RI.

Aduan itu dilayangkan Golkar karena KPU Jabar dinilai melakukan manuver terkait isu penggelembungan suara DPR RI dari partai Golkar di Dapil Jabar I, Padahal isu itu sudah terbantahkan dengan putusan yang dikeluarkan oleh KPU Kota Bandung.

"Ini merugikan partai kami, kami akan menempuh jalur hukum sesuai prosedur. Kami akan mengadukan ke DKPP, kami akan laporkan juga ke Bawaslu pusat dan kami akan laporkan ke Gakkumdu karena ini tidak sesuai dengan PKPU Nomor 5 Tahun 2024," kata Saksi Golkar, Rahmat Sulaeman.

Rahmat menjelaskan pengunduran laporan hasil pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat Jabar ke pusat salah satunya disebabkan tindakan KPU Jabar yang tidak sesuai norma dan aturan PKPU.

Misalnya, pada saat rapat pleno sanding data KPU Kota Bandung, pihak KPU Jabar sudah nemerima tanpa syarat.

"Nah, tetapi dengan adanya surat keberatan dari Nasdem maka ditindaklanjuti ke bawaslu, oleh bawaslu ditindaklanjuti untuk pengecekan sanding data. Ternyata pendataan dari 59 TPS dan 106 TPS menurut pandangan Nasdem keberatan itu tidak terbukti, itu ada jawabannya dari KPU Kota Bandung. Ini harusnya sudah selesai karena kasus yang diragukan oleh Nasdem sudah terbukti tidak bermasalah," papar dia.

Selain itu, kata Rahmat, KPU Jabar kembali mengadakan rapat tertutup dipercepat. Padahal rapat tersebut ada aturannya.

Mirisnya, saksi dari Golkar tidak dilibatkan dan ada oknum KPU Jabar yang membuat hasil rekap lampiran adanya penggelembungan suara-suara Golkar.

DPD Partai Golkar Jawa Barat mengancam akan mengadukan KPU Jabar ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Bawaslu RI hingga ke Gakkumdu Bawaslu RI.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News