Tak Ingin Pemilu Kelam 2019 Terulang, Atang Trisnanto Minta Pemkot Bogor Kerahkan Nakesling

Rabu, 31 Januari 2024 – 17:55 WIB
Tak Ingin Pemilu Kelam 2019 Terulang, Atang Trisnanto Minta Pemkot Bogor Kerahkan Nakesling - JPNN.com Jabar
Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto. Foto: Dok Humpropub.

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyiapkan tenaga kesehatan keliling (Nakesling) dan posko kesehatan yang bertugas memantau 20.391 Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di 2.904 tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024.

Permintaan ini disampaikan Atang Trisnanto sebagai langkah antisipasi mencegah petugas KPPS sakit atau meninggal, seperti kejadian pada Pemilu 2019 lalu.

Di mana terdapat dua orang Petugas KPPS di Kota Bogor meninggal dunia dan delapan orang petugas lainnya menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit.

Secara nasional, pada Pemilu 2019 jumlah Petugas KPPS meninggal dunia mencapai 894 orang, sementara 5.175 orang mengalami sakit.

"Bogor berpredikat baik dalam pelayanan kesehatan. Kami ingin kesehatan KPPS Kota Bogor terjaga dengan baik tanpa ada dampak fatal meninggal dunia. Untuk itu Dinkes bisa segera buka posko kesehatan, Nakesling atau pun ambulans mobile di tiap-tiap TPS," ujar Atang.

Adapun berdasarkan temuan Kemenkes dan UGM terkait Pemilu 2019 lalu itu, banyak petugas KPPS yang sakit dan meninggal karena faktor komorbid dan penyakit kardiovaskular.

Usul nakesling dan posko kesehatan, kata Atang, diperlukan untuk memastikan petugas KPPS mendapatkan layanan kesehatan yang memadai dan sigap, sehingga risiko fatal jatuh sakit hingga meninggal dunia dapat diminimalisasi bahkan dihindari.

Atang menilai tantangan kesehatan KPPS perlu dipastikan ulang seiring dengan jumlahnya yang bertambah dan jumlah TPS yang meningkat.

Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto meminta Pemkot Bogor menyiapkan tenaga kesehatan keliling (Nakesling) dan posko kesehatan di Pemilu 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News