KPU Kabupaten Bogor Temukan 368 Surat Suara Rusak

Selasa, 16 Januari 2024 – 15:00 WIB
KPU Kabupaten Bogor Temukan 368 Surat Suara Rusak - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Kertas Surat Suara. Foto: Ricardo/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor mengajukan penggantian 368 surat suara dalam kondisi rusak yang diterima di gudang logistik Pemilu 2024 kepada KPU RI.

Ketua KPU Kabupaten Bogor, Muhammad Adi Kurnia menjelaskan kertas suara yang mengalami kerusakan yaitu 368 dari total 3.973.004 surat suara jenis pemilihan presiden (pilpres).

Ratusan kertas suara tersebut diketahui rusak oleh petugas saat dilakukan pelipatan di gudang logistik KPU yang berlokasi di Klapanunggal, Kabupaten Bogor.

"(Rusak faktor) cetakan. Jadi, ketika dicek ada surat suara yang kelebihan (ukuran) atau ada yang belah. Untuk surat suara yang rusak kami melapor ke KPU RI untuk penggantian surat suaranya. Cetak ulang dari KPU RI," ungkap Adi.

Ia menerangkan setelah rampung melakukan pelipatan kertas suara jenis pilpres pada Sabtu (13/1), saat ini pihaknya sedang melakukan pelipatan dan pengemasan kertas suara jenis pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

"Untuk sekarang sedang proses sortir lipat kertas suara DPD RI, hari ini insyaallah sudah selesai. Besok kami lanjut surat suara DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten," paparnya.

Adi menegaskan KPU Kabupaten Bogor menargetkan untuk penyelesaian seluruh proses pelipatan, penyortiran, serta pengepakan seluruh surat suara pada 28 Januari 2024.

"Kami menargetkan tanggal 28 Januari sudah selesai semua, dikirim kemungkinan tanggal 29 atau 30 Januari," terang Adi.

KPU Kabupaten Bogor mengajukan penggantian 368 surat suara dalam kondisi rusak yang diterima di gudang logistik Pemilu 2024 kepada KPU RI.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News