KPU Kota Bandung Libatkan 1.072 Masyarakat Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024

Selasa, 09 Januari 2024 – 15:30 WIB
KPU Kota Bandung Libatkan 1.072 Masyarakat Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2024 - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pemilu. Foto: dok/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota bandung memulai proses penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Dalam proses ini, KPU melibatkan 1.072 masyarakat. 

Ketua KPU Kota Bandung Wenti Frihadianti mengatakan, di hari pertama pelaksanaan sortir lipat, meliputi surat suara calon presiden dan wakil presiden (capres/cawapres), DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota Bandung, dan DPD RI. Masing-masing surat suara berjumlah 1.913.569 lembar. 

“Untuk proses penyortiran dan pelipatan surat suara berlangsung hari ini tanggal 8 sampai tanggal 18 Januari 2024,” kata Wenti di Bandung, Selasa (9/1). 

Wenti mengatakan para tenaga sortir dan lipat surat suara ini direkrut dari seluruh kecamatan di wilayah itu. 

Rekrutmennya mengandalkan panitia pemilihan kecamatan (PPK) di tiap kecamatan maupun yang datang langsung ke kantor KPU Kota Bandung.

“Jadi masyarakat ada yang langsung ke kantor KPU, ada kurang lebih ada di 200 orang dan selebihnya itu kami berdasarkan dari PPK di tiap kecamatan yang merekomendasikan beberapa orang untuk menjadi petugas sortir lipat,” ujarnya. 

Ia menjelaskan, bahwa para petugas sortir dan lipat surat suara ini akan diperiksa terlebih dahulu oleh petugas KPU sebelum memasuki gudang logistik KPU Kota Bandung sebagai tempat sortir lipat. 

“Petugas sortir dan lipat suara dilarang membawa tas, ponsel, kamera, korek api, dan barang berbahaya lainnya kedalam ruangan,” ucap dia. 

Sebanyak 1.072 masyarakat dilibatkan KPU Kota Bandung dalam proses sortir dan lipat surat suara Pemilu 2024.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News