Ace Hasan Ajak Warga Desa Sadangmekar Bandung Barat Menanam Kopi

Kamis, 28 Desember 2023 – 15:00 WIB
Ace Hasan Ajak Warga Desa Sadangmekar Bandung Barat Menanam Kopi - JPNN.com Jabar
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily saat menghadiri kegiatan Kampung Siaga Bencana di Desa Sadangmekar, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (27/12). Foto: sources for jpnn

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily mengajak warga di Desa Sadangmekar, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat untuk melakukan penghijauan.

Penghijauan bisa dilakukan dengan menanam tanaman keras seperti kopi, menyusul diresmikannya desa tersebut sebagai Kampung Siaga Bencana (KSB).

“Berdasarkan laporan yang saya terima, Desa Sadangmekar ini memang memiliki potensi bencana yang sangat tinggi, sering terjadi longsor dan lainnya. Tentu saja harus menjadi perhatian kita agar warga selalu siap menghadapi bencana,” kata Ace Haasan saat membuka kegiatan Kampung Siaga Bencana di Desa Sadangmekar, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, dikutip Kamis (28/12).

Ketua DPD Partai Golkar Jabar itu menjelaskan, Bandung Barat dikenal dengan produksi kopi Gunung Halu. Sehingga, bila pada sejumlah lahan di sini ditanami kopi, menurutnya, tentu sangat baik karena dapat mendatangkan penghasilan yang lain bagi warga.

“Kita ini harus pandai menjaga alam, bersahabat dengan alam, agar nanti alam juga bisa menjaga kita. Beberapa kerusakan lingkungan yang diakibatkan karena kita tidak mampu memelihara alam, maka sudah sepatutnya kita hindari dan perbaiki bersama-sama,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, kontur lahan di Sadangmekar memang membutuhkan upaya kesiapsiagaan seluruh masyarakat. Tidak hanya itu, desa ini juga memiliki potensi bencana kebakaran yang cukup tinggi.

Karena itu, pria yang karib disapa Kang Ace itu mengingatkan kepada seluruh pihak, mulai dari kepala desa hingga dinas terkait, dapat memberikan perhatian secara khusus ke Desa Sadangmekar ketika ada masalah bencana.

“Kebetulan saya di Komisi VIII DPR RI, jadi nanti mohon maaf, ‘naudzubillahi min dzalik’ jika terjadi sesuatu bencana jangan segan hubungi saya, Insyaallah bisa langsung melakukan respon cepat agar bisa segera ditangani,” tuturnya.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tubagus Ace Hasan Syadzily mengajak warga di Desa Sadangmekar untuk melakukan penghijauan dengan menanam kopi.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News