Jangan Jadikan Debat Capres Sebagai Forum Gimik dan Pencitraan!

Selasa, 12 Desember 2023 – 08:00 WIB
Jangan Jadikan Debat Capres Sebagai Forum Gimik dan Pencitraan! - JPNN.com Jabar
Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo berpose di Istana Merdeka Jakarta, seusai menghadiri santap siang bersama Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta, Senin (30/10/2023). (ANTARA/Andi Firdaus)

jabar.jpnn.com, DEPOK - Debat seharusnya dimaknai bukan forum gimmick dan pencitraan, bukan pula forum yang perlu dihindari atau bukan juga panggung kampanye yang dapat berisikan apapun dari para pasangan calon.

Hal tersebut dikatakan Dosen Departemen Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Aditya Perdana di kampus UI Depok, Senin (11/12).

Menurut dia debat pilpres merupakan forum untuk tukar gagasan ide dalam menjalankan pemerintahan ke depan.

Debat juga mempersilakan para kontestan dalam mendukung atau menyanggah konsep dan implementasi gagasan ke depan.

Aditya mengatakan debat menjadi penting bagi pemilih, alasannya sederhana karena publik saat ini menginginkan dan membutuhkan tawaran program kerja, kebijakan yang berpihak kepada pemilih dan visi yang jelas dalam pembangunan ke depan.

Selain soal figur atau ketokohan adalah elemen penting yang diperhatikan pemilih. Namun, soal program kerja juga adalah serius diperhatikan pemilih.

"Perhatian publik ini sebesar kisaran 35 persen tercermin dari beberapa kali hasil survei nasional algoritma pada bulan Desember 2022 dan Juni 2023," kata Aditya yang juga menjabat sebagai Direktur Algoritma Research and Consulting.

Apalagi relatif pilihan yang masih bimbang terhadap capres juga relatif masih tinggi kisaran 45 persen. Sehingga, debat menjadi penting.

Dosen Departemen FISIP Universitas Indonesia, Aditya Perdana meminta kepada para capres dan cawapres agar tidak menjadikan debat nanti sebagai ajang gimik.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News