Cegah Politik Uang, Bawaslu Jabar Gencarkan Sosialisasi Pencegahan Pelanggaran Pemilu 2024

Sabtu, 02 Desember 2023 – 20:22 WIB
Cegah Politik Uang, Bawaslu Jabar Gencarkan Sosialisasi Pencegahan Pelanggaran Pemilu 2024 - JPNN.com Jabar
Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Jabar, Nuryamah. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Provinsi Jawa Barat merupakan wilayah yang dinilai rawan kecurangan politik uang atau money politic. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran masyarakat yang baik dalam menangkal praktik curang dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Merespons hal itu, Badan Pengawas Pemiliha Umum (Bawaslu) Jawa Barat terus mengajak lapisan masyarakat untuk bersama-sama menciptakan Pemilu 2024 yang damai, serta menghindari money politic.

Salah satu yang dilakukan Bawaslu adalah dengan menggelar sosialisasi pengawasan tahapan kampanye agar masyarakat turut berperan dalam menciptakan Pemilu 2024 yang damai dan aman.

"Jadi kegiatan hari ini adalah kegiatan sosialisasi khususnya pada tahapan kampanye yang di dalamnya tentu tahapan kampanye ini harus menjadi tahapan pemilu yang damai, yang bebas dari money politic," ucap Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Jabar, Nuryamah dalam kegiatan Sosialisasi Pengawasan Tahapan Kampanye dengan tajuk 'Wujudkan Pemilu Damai dan Bebas Politik Uang di Provinsi Jawa Barat' di Bandung, Sabtu (2/12).

Nuryamah mengatakan, sosialisasi merupakan salah satu bentuk ikhtiar atau usaha dari Bawaslu Jabar dalam mencerdaskan masyarakat, khusunya dalam hal pencegahan pelanggaran Pemilu 2024.

"Tentu ini adalah kegiatan yang memang dilakukan dalam bentuk kegiatan pencegahan. Jadi hari ini itu ketika berbicara Bawaslu bukan lagi pengawasannya ini diarahkan kepada temuan, tetapi lebih kepada diutamakannya kepada pencegahan jadi lebih baik mencegah," katanya.

Rencananya, kata Nuryamah, kegiatan pencegahan ini akan terus dilakukan dengan menggandeng kelompok masyarakat seperti kaum disabilitas, organisasi kepemudaan, hingga organisasi perempuan.

"Kegiatan pencegahan inilah yang kita memang maratonkan. Dimana peserta yang diajak dalam pendidikan politik atau sosialisasi itu pemilih pemula, disabilitas, organisasi kepemudaan, organisasi perempuan dan lain sebagainya," ungkapnya.

Dalam rangka pencegahan pelanggaran Pemilu, Bawaslu Jawa Barat terus menggecarkan sosialisasi ke masyarakat untuk menciptakan Pemilu 2024 yang aman dan damai.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News