Ganjar Sejati Berkomitmen Bantu Warga Bandung Barat Majukan Produk Lemon Kering

Senin, 27 November 2023 – 20:25 WIB
Ganjar Sejati Berkomitmen Bantu Warga Bandung Barat Majukan Produk Lemon Kering - JPNN.com Jabar
Sukarelawan Ganjar Sejati berkomitmen membantu memajukan produk lemon kering di Lembang, Bandung Barat. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, BANDUNG BARAT - Sukarelawan Ganjar Sejati berkomitmen membantu memajukan produk lemon kering dengan menggelar pelatihan yang diikuti puluhan petani, dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jalan Raya Tangkuban Perahu, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (26/11). 

Koordinator Daerah (Korda) Ganjar Sejati Bandung Barat, Poppy Siti Noeraeni mengatakan, pihaknya menggandeng Kelompok Tani Melati Jayagiri Lembang, Bandung Barat, untuk memajukan produk lemon kering hingga menembus pasar nasional. 

"Kami yang bekerja sama dengan kelompok tani melati mempunyai mesin pengering. Jadi, silakan para petani lemon yang kesulitan menjual lemon agar bisa diolah untuk dikeringkan di sini," ujar Poppy dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Senin (27/11). 

Dalam pelatihan ini, loyalis calon presiden (capres) Ganjar Pranowo tersebut menyediakan mesin untuk dimasukkan lemon yang telah dipotong-potong. Menurut Poppy, harga jual lemon kering sekitar Rp 200 ribu-Rp 300 ribu per kilogram. 

"Kami bekerja sama dengan petani lemon. Mereka menyetorkan buah misalnya 20 kg lemon menjadi 2 kg lemon kering. Hasilnya dibagi dua. Misalnya, kami mendapat Rp 400 ribu. Untuk petani Rp 200 ribu, untuk kami Rp 200 ribu dari hasil penjualan ke kafe-kafe," katanya 

Poppy berharap adanya pelatihan pembuatan lemon kering hingga cara pengemasannya bisa membantu menaikkan pendapatan para petani lemon. 

Selain itu, membuka peluang usaha bagi masyarakat Bandung Barat untuk menjual lemon kering. 

"Semoga pelatihan ini ada manfaatnya bagi para petani lemon yang hopeless terhadap hasil panennya," ungkapnya. 

Sukarelawan Ganjar Sejati berkomitmen membantu memajukan produk lemon kering di Lembang, Bandung Barat.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News