Soal Penegakkan Hukum dan Demokrasi, Ganjar-Mahfud Ungguli Dua Rivalnya Versi Kitapolling.com

Rabu, 08 November 2023 – 18:00 WIB
Soal Penegakkan Hukum dan Demokrasi, Ganjar-Mahfud Ungguli Dua Rivalnya Versi Kitapolling.com - JPNN.com Jabar
Mahfud MD dan Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN

jabar.jpnn.com, DEPOK - Lembaga polling online kitapolling.com merilis hasil polling tiga kandidat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada Pilpres 2024 mendatang.

Polling dilakukan terhadap ketiga capres dan cawapres, yakni Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, Ganjar Pranowo - Mahfud MD dan pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dalam hal performa Penegakan Hukum dan Demokrasi.

Polling dilakukan dalam kurun waktu 1-7 November 2023 pada sarana yang terdapat di kitapolling.com.

Sebanyak 46,7 persen suara dari 1718 audiens, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dianggap punya kompetensi dan integritas tinggi dalam melaksanakan reformasi hukum dan mewujudkan supremasi hukum.

Kemudian Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat 24,4 persen suara. Sedangkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming hanya 16,3 persen. Pada topik ini sebanyak 12,7 persen audiens menjawab tidak tahu.

“Suksesi kepemimpinan bangsa melalui Pilres 2024 menjadi gerbang bagi ikhtiar untuk meningkatkan kualitas demokrasi, hukum (undang-undang), serta penegakan hukum,” ucap Independent Researcher kitapolling.com, Budi Satria Dewantoro dalam keterangannya.

Diketahui, demokrasi di Indonesia masih digolongkan sebagai flawed democracy (demokrasi cacat).

Dalam laporan indeks demokrasi yang dirilis The Economist Intelligence Unit (EIU) pada awal Februari 2023, Indonesia berada di urutan ke-54 dari 167 negara dengan skor 6,71. Skor tersebut sama dengan capaian di tahun 2021.

Polling terbaru tiga capres dan cawapres dalam performa penegakan hukum dan demokrasi, pasangan Ganjar-Mahfud berada di atas versi Kitapolling.com
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News