6 Provinsi Dengan Tingkat Kerawanan Pemilu Tertingi Versi Bawaslu RI

Selasa, 31 Oktober 2023 – 19:00 WIB
6 Provinsi Dengan Tingkat Kerawanan Pemilu Tertingi Versi Bawaslu RI - JPNN.com Jabar
Bawaslu RI saat memberikan keterangan resmi kepada awak media, ihwal hasil pemetaan kerawanan Pemilu Serentak 2024 mendatang. Foto: Yogi Faisal/JPNN.com

jabar.jpnn.com, KOTA BOGOR - Badan Pengawasan Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu RI) merilis hasil pemetaan kerawanan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilu Serentak 2024 mendatang.

Koordinator Bidang Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu RI, Lolly Suhenty mengatakan pemetaan kerawanan pemilu dilakukan pihaknya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada Pemilu 2024.

"Berkaca pada Pemilu 2019 lalu, banyak sekali permasalahan yang terjadi. Seperti hoaks, ujaran kebencian, politik SARA yang berpotensi memecah belah bangsa. Makanya, hal ini perlu diantisipasi agar hal buruk yang terjadi di 2019 tidak terulang di 2024," katanya, Selasa (31/10).

Untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya merumuskan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP).

Di mana hal itu merupakan pola dan metode pencegahan dengan mengidentifikasi dan memetakan kerawanan serta pelanggaran pemilu melalui data-data yang dihimpun dan indikator-indikator yang menjadi ukuran kerawanan.

"Terlebih saat ini sangat banyak hoaks, ujaran kebencian, politisasi SARA di media sosial, seperti Whatsapp, Facebook dan Twitter, sehingga hal ini perlu kami petakan dan awasi," ujarnya.'

Berdasarkan data yang ada padanya, 20 persen kerawanan pemilu di tingkat provinsi ada pada kampanye bermuatan SARA, 30 hoaks dan 50 persen kampanye bermuatan ujaran kebencian.

"Kalau di level kotanya, 27 persen bermuatan SARA, 40 persen hoaks dan 33 persen bermuatan ujaran kebencian. Itu semua terjadi di media sosial yah," jelasnya.

Bawaslu RI merilis hasil pemetaan kerawanan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilu Serentak 2024 mendatang. Berikut perincian hasilnya. Simak di sini!
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News