Seleksi Komisioner KPU Garut dan Cirebon Resmi Dibuka

Rabu, 25 Oktober 2023 – 11:20 WIB
Seleksi Komisioner KPU Garut dan Cirebon Resmi Dibuka - JPNN.com Jabar
Ilustrasi KPU. Foto dok JPNN.com

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pendaftaran seleksi anggota komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon dan Garut resmi dibuka, Selasa (24/10).

Ketua Panitia Seleksi, Solichin mengatakan, pemilihan komisioner KPU ini ditunjukkan untuk masyarakat yang ingin turut serta berperan dalam menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di dua wilayah tersebut.

"Seleksi dibuka. Seleksi ini juga merupakan kali ketiga untuk wilayah Jawa Barat, sebelumnya sudah dilakukan di 25 Kabupaten dan Kota lainnya," ujar Solichin dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Rabu (25/10).

Kata Solichin, terdapat sejumlah tahapan seleksi yang harus dilakukan para bakal calon komisioner. Di antaranya, seleksi administratif, tes tertulis, kesehatan, psikologi, hingga tes wawancara.

Adapun untuk tahapan pendaftaran bakal calon komioner KPU Cirebon dan Garut dimulai dari 24-4 November 2023. pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui akun Siakba.

Selanjutnya, para pendaftar diharuskan mengirimkan berkas persyaratannya secara langsung ke tim seleksi yang telah membuka posko pendaftaran di Hotel Newton, Kota Bandung.

"Dalam tahap pendaftaran nanti, peserta tidak hanya mendaftar secara online melalui akun Siakba, tetapi juga perlu menyerahkan berkas hard copy ke panitia seleksi," ujarnya.

Setelah melalui semua proses tahapan seleksi, 10 nama bakal calon komisioner KPU terpilih akan diserahkan ke KPU RI untuk proses seleksi akhir, hingga mengerucut ke lima nama.

Pendaftaran seleksi anggota komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon dan Garut resmi dibuka.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News