Cerita Ganjar Pranowo Berkontribusi Dalam Lahirnya UU Kewarganegaraan

Rabu, 11 Oktober 2023 – 17:00 WIB
Cerita Ganjar Pranowo Berkontribusi Dalam Lahirnya UU Kewarganegaraan - JPNN.com Jabar
Bacapres Ganjar Pranowo saat hadir sebagai pembicara dalam kegiatan kuliah umum di Unpar Bandung, Rabu (11/10). Foto: Nur Fidhiah Shabrina/jpnn.com

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo menceritakan pengalamannya mengesahkan Undang-Undang (UU) Nomor 12 tahun 2006 tentang Kewarganegaraan. 

Ia cukup berperan dalam penghapusan diskriminasi terhadap warga minoritas atau keturunan Tionghoa. Kala itu UU No 62 tahun 1958 masih membedakan warga negara Indonesia dan keturunan. 

Cerita itu disampaikan Ganjar saat mengisi kuliah umum di kampus Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Kota Bandung pada Rabu (11/10). 

Ganjar yang lolos Pemilu Legislatif 2004 menyerap kegelisahan itu. Bersama teman-temannya di DPR, ia menggagas lahirnya UU No 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan. 

Waktu kemunculan undang-undang ini disambut suka cita. Sebab, UU ini mengusung prinsip kesetaraan, tidak ada diskriminatif, menjunjung tinggi HAM, kesetaraan gender, dan hak-hak yang sama antara laki-laki dan perempuan. 

Tidak ada lagi pemisahan WNI dan keturunan, yang ada hanya WNI dan warga negara asing (WNA). 

Undang-undang tersebut juga menguatkan status anak pada tiga kelompok rentan, yakni anak dari perkawinan campur sah orangtua asing dan Indonesia, anak di luar perkawinan sah orangtua asing dan Indonesia, serta pengukuhan status WNI anak yang lahir di Indonesia walaupun status orangtuanya tidak diketahui atau meninggal. 

"UU ini menguatkan bahwa anak dengan status rentan misalnya tiga contoh ini akan diakui, dilindungi, dan diperlakukan sebagai WNI," kata Ganjar. 

Bacapres Ganjar Pranowo bercerita bagaimana dirinya berkontribusi dalam lahirnya UU tentang Kewarganegaraan.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News