Serap Aspirasi Seniman, Pandawa Ganjar Gelar Dialog Seni Budaya di Cirebon

Senin, 11 September 2023 – 20:00 WIB
Serap Aspirasi Seniman, Pandawa Ganjar Gelar Dialog Seni Budaya di Cirebon - JPNN.com Jabar
Dalam rangka menyerap aspirasi seniman dan budayawan, Pandawa Ganjar menggelar sarasehan serta dialog seni budaya di Cirebon. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, CIREBON - Sukarelawan Pandawa Ganjar aktif melakukan pertemuan dengan para seniman-budayawan untuk mendengarkan aspirasi, dan kebutuhan mereka terkait perkembangan seni budaya di Indonesia.

Kali ini, sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo itu menggelar Sarasehan dan Dialog Seni dan Budaya bersama puluhan seniman-budayawan serta warga di Desa Cikalahang, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (9/9).

Koordinator Wilayah (Korwil) Pandawa Ganjar Jawa-Bali, Haldoko Danantyas Subandoro mengatakan, pihaknya bersama sekitar 50 seniman-budayawan, dan warga di daerah tersebut membahas permasalahan tentang kurangnya minat generasi muda terhadap kesenian, dan kebudayaan khas Cirebon, contohnya tari topeng.

"Sangat banyak sekali kesenian dan kebudayaan yang belum bisa up (ditingkatkan) lebih lanjut. Karena generasi muda penerus bangsa di Cirebon tidak banyak yang antusias melanjutkan warisan budaya dan seni," ujar Haldoko dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Senin (11/9).

Karena itu, sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo ini ingin membangkitkan serta mengembangkan kesenian dan kebudayaan Cirebon.

"Kegiatan ini dilatarbelakangi dari keresahan budayawan dan seniman untuk menyosialisasikan hal ini kepada generasi muda di Cirebon," ujar Haldoko.

Haldoko menuturkan, para seniman dan budayawan mengeluhkan kurangnya wadah seperti sanggar beserta pelatihnya bagi generasi muda untuk mengembangkan kesenian seperti tari topeng dan jaipong.

"Yang dikeluhkan para seniman adalah mereka memiliki banyak kesenian dan kebudayaan yang bisa dikembangkan, tetapi keterbatasan akses dan fasilitas," ucapnya.

Dalam rangka menyerap aspirasi seniman dan budayawan, Pandawa Ganjar menggelar sarasehan serta dialog seni budaya di Cirebon.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News