Lestarikan Musik Tradisional, Srikandi Ganjar Gelar Pertunjukan Musik Calung

Senin, 07 Agustus 2023 – 20:40 WIB
Lestarikan Musik Tradisional, Srikandi Ganjar Gelar Pertunjukan Musik Calung - JPNN.com Jabar
Lestarikan Musik Tradisional, Srikandi Ganjar Gelar Pertunjukan Musik Calung. Foto: Source for JPNN.

jabar.jpnn.com, KOTA BANDUNG - Sukarelawan Srikandi Ganjar terus melakukan kegiatan positif bagi masyarakat. Teranyar, para pendukung Ganjar Pranowo ini ikut melestarikan kesenian tradisional melalui pertunjukan seni.

Pertunjukan seni musik tradisional calung itu diikuti para pemuda di Kelurahan Cipadung, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung, Sabtu (5/8).

"Hari ini ada penampilan alat musik tradisional yaitu calung. Tujuannya, kami ingin melestarikan budaya ataupun alat musik tradisional dari Jawa Barat, khususnya yaitu alat musik calung," kata Koordinator Wilayah Srikandi Jawa Barat, Eva Yuliana dalam keterangan tertulisnya kepada JPNN.com, dikutip Senin (7/8).

Eva menuturkan, kegiatan tersebut tak hanya menampilkan musik tradisional calung, tapi juga dimeriahkan tarian tradisional yang ditampilkan para remaja perempuan dari kawasan sekitar.

Penampilan tersebut sekaligus membuka acara, sebelum dilanjutkan dengan penampilan musik tradisional calung yang dibawakan sekelompok pemuda-pemudi setempat.

Eva menjelaskan, keunikan dan daya tarik dari alat musik calung, mulai dari bahan dasarnya hingga suara yang dihasilkan saat dimainkan bersama-sama oleh satu grup musik.

"Calung itu alat musik tradisional yang terbuat dari bambu yang nantinya itu ada ketukan-ketukan khusus berupa angka-angka. Memang nanti beberapa bagiannya (dari empat calung yang dimainkan) ada ketukan-ketukan tersendiri," tuturnya.

Dalam penampilan kali ini terdapat empat pemain calung yang memainkan dua jenis calung, masing-masing dua calung penerus dan dua calung melodi.

Sukarelawan Srikandi Ganjar terus melakukan kegiatan positif bagi masyarakat. Salah satunya dengan ikut serta melestarikan seni tradisional.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News