Pengamat: Asep N Mulyana Kandidat Kuat Pj Gubernur Jabar

Minggu, 06 Agustus 2023 – 15:00 WIB
Pengamat: Asep N Mulyana Kandidat Kuat Pj Gubernur Jabar - JPNN.com Jabar
Ilustrasi Gedung Sate. Foto: dok. Humas Pemprov Jabar

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat mengusulkan tigana Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, menggantikan Ridwan Kamil.

Ketiga usulan nama itu ialah Asep N Mulyana, Bey Triadi Machmudin dan Keri Lestari.

Setelah diputuskan dalam rapat paripurna DPRD Jabar, usulan nama itu langsung diserahkan dalam surat kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Setelah itu, usulan akan disampaikan kepada Presiden Joko Widodo. Namun, Kemendagri juga berhak mengusulkan tiga nama lainnya, yang mana artinya aka nada enam nama yang bisa dipilih oleh Jokowi.

Guru Besar Ilmu Politik dan Keamanan Universitas Padjajaran (Unpad) Muradi mengatakan, dari tiga nama ini nantinya akan ada satu yang usulannya sama dengan Kemendagri.

“Mungkin hanya salah satu (yang sama), kalau enggak Pak Asep, ya Pak Bey, salah satu dari itu. Kan Kemendagri juga akan menampung aspirasi, dari situ tim penilai akhir itu ya dilihat bagaiamana. Jadi dari tiga ini akan ada satu nama yang mirip di Kemendagri,” kata Muradi, Minggu (6/8).

Menurut Muradi, dari dua nama tersebut bila dikerucutkan ke satu orang maka kandidat yang berpotensi dipilih ialah Asep N Mulyana, yang kini menjabat sebagai Direktur Jenderal Peraturan Perundang-undangan (Dirjen PP) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Mengapa tidak Bey Machmudin? Kata Muradi, Bey saat ini mengemban tugas di Sekretariat Presiden, posisi yang juga diisi oleh Heru Budi yang kini ditugaskan sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta.

Guru Besar Ilmu Politik dan Keamanan Unpad, Muradi bicara soal kandidat kuat Pj Gubernur Jawa Barat. Begini komentar lengkapnya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News