Capai 3,8 Jiwa, KPU Sebut Kabupaten Bogor Miliki Pemilih Terbanyak

Sabtu, 13 Mei 2023 – 14:15 WIB
Capai 3,8 Jiwa, KPU Sebut Kabupaten Bogor Miliki Pemilih Terbanyak - JPNN.com Jabar
Ilustrasi KPU. Foto dok JPNN.com

jabar.jpnn.com, BOGOR - KPU Kabupaten Bogor sebut daerahnya memiliki jumlah pemilih terbanyak di tingkat kota/kabupaten se-Indonesia, dengan angka 3.894.914 pemilih.

"Kabupaten Bogor itu dengan jumlah pemilih terbesar, kami menetapkan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) 3,8 juta tersebar di 15.224 tps," ucap Ketua KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni.

Dia mengatakan, dari hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi yang dilakukan oleh KPU dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Bogor di Sentul pada Kamis (11/5), menetapkan DPSHP dengan jumlah pemilih aktif sebanyak 3.894.914 jiwa.

Kemudian, menetapkan 15.224 tempat pemungutan suara (tps) yang tersebar di 432 desa/kelurahan yang ada di 40 kecamatan Kabupaten Bogor.

Ummi menjelaskan, DPSHP sebelumnya telah dilakukan secara kolaborasi bersama bawaslu baik tingkat desa/kelurahan, kemudian tingkat kecamatan dan kali ini diplenokan di tingkat Kabupaten Bogor.

"Ini sangat penting, untuk mewujudkan pemilu berkualitas, tentunya harus didukung dengan data pemilih yang berkualitas pula," kata Umi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Kabupaten Bogor hingga akhir 2022 yaitu 5,4 jiwa.

Selain setara dengan Singapura, jumlah penduduk Kabupaten Bogor bahkan melebihi beberapa negara lain, seperti Irlandia (4.792.500 jiwa), Palestina (4.816.503 jiwa), dan Selandia Baru (5.257.320 jiwa).

KPU Kabupaten Bogor sebut, wilayahnya memiliki DPSHP terbanyak di tingkat kota atau kabupaten se-Indonesia dengan 3,8 jiwa
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News