Soal Ceramah Khalid Basalamah Tentang Wayang, Begini Respons PWNU Jabar

Rabu, 16 Februari 2022 – 19:10 WIB
Soal Ceramah Khalid Basalamah Tentang Wayang, Begini Respons PWNU Jabar - JPNN.com Jabar
Ilustrasi pagelaran wayang. Foto: tangkapan layar Instagram PW_Kisenonugroho

jabar.jpnn.com, BANDUNG - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Barat (Jabar) turut bereaksi atas pernyataan Khalid Basalamah dalam ceramahnya yang diduga menyebut 'wayang haram'.

Ketua PWNU Jabar Juhadi Muhammad mengatakan, wayang punya sejarah besar khususnya dalam penyebaran agama Islam di Indonesia.

"Sebenernya haram itu dipandang dari sisi mananya. Wayang kan dijadikan instrumen untuk dakwah dalam mengajak masyarakat Indonesia untuk mengikuti agama Islam," kata Juhadi dihubungi JPNN.com, Rabu (16/2).

Oleh karena itu, kata Juhadi, sudah sepatutnya wayang dilestarikan dan bisa juga digunakan sebagai media dakwah di masa sekarang.

"Alhamdulillah, masyarakat banyak yang mengikuti agama Islam, tidak melalui peperangan, tetapi melalui budaya dan itu sangat luar biasa. Jadi wayang punya peran sangat besar dalam penyebaran agama Islam di Indonesia," tegas Juhadi.

Lebih lanjut, bila melihat sejarah wayang di Indonesia, Juhaedi justru mempertanyakan konteks dari ceramah Khalid Basalamah.

"Jadi, yang dibilang haram itu apanya gitu. Sisi apanya dulu yang disebut haram," imbuhnya.

Juhadi menambahkan, pihaknya justru mendukung bila sebuah pagelaran wayang berisikan konten positif yang mengajak manusia kepada kebaikan.

PWNU Jabar turut merespons pernyataan Khalid Basalamah yang dalam ceramahnya diduga menyebut wayang haram. Simak penjelasannya.
Facebook JPNN.com Jabar Twitter JPNN.com Jabar Pinterest JPNN.com Jabar Linkedin JPNN.com Jabar Flipboard JPNN.com Jabar Line JPNN.com Jabar JPNN.com Jabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News